Senin, 14 Feb 2022 13:39 WIB

Konsultasi Kesehatan

Kenapa Pusing dan Mual Sering Muncul Saat Salah Posisi Tidur Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi tidur Foto: Thinkstock
Jakarta -

Halo Dok, saya ingin bertanya, saya sering mengalami pusing dan mual jika posisi tiduran salah, terutama jika saya tiduran dengan posisi terlentang atau tengkurap. Setelah beberapa saat mengalami pusing saya akan merasa mual.

Apakah saya mengalami sakit parah? Apa solusi dan bagaimana cara mengatasinya?

Dedi Supriadi (pria, 34 tahun)


Jawaban

Halo Pak Dedi, mengenai masalah bapak sebenarnya pusing dan mual bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagai catatan rasa mual dan pusing berputar dapat disebabkan oleh gangguan vestibular/keseimbangan yang selain rumah siput di telinga, salah satunya bisa juga dipengaruhi oleh struktur di sekitar leher. Bisa karena masalah pembuluh darah ataupun otot yang kaku.

Maka, apabila usaha mengubah posisi kepala, leher, dan tulang belakang belum berhasil disarankan untuk konsultasi dengan dokter ya pak untuk mencari penyebab masalah dan solusinya.

Tapi hal paling sederhana, bisa dicoba lebih dulu ya pak, dengan mengubah posisi bantal saat istirahat malam.

Bantal biasa saja, yang bisa dibayangkan sebagai persegi panjang, coba ditekuk sisi panjang yang bawah dan letakkan di lengkungan leher dan kemudian tarik ke arah dada. Usahakan tidur miring saja, karena saat telentang akan lebih banyak kelengkungan yang perlu difasilitasi.

Kemudian peluk guling besar karena lebar panggul tentunya lebih besar dibanding kedua lutut. Maka jika posisi tidur miring tanpa diganjal guling, posisi tulang punggung tidak lurus, oleh karena tertarik oleh posisi lutut. Lalu geser panggul yang di posisi bawah ke arah belakang.

Apabila usaha di atas tidak berhasil, perlu dilanjutkan dengan berkonsultasi ke dokter spesialis terkait.

dr Wahju Hidajati, SpKFR,
Primaya Evasari Hospital

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)