Rabu, 16 Feb 2022 05:00 WIB

Sering Sakit Kepala Usai Bangun Tidur? Ini Saran Dokter Saraf

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi bangun tidur Sakit kepala saat bangun tidur (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Beberapa di antara kita mungkin pernah mengalami tiba-tiba saja terasa sakit kepala saat sedang tiduran atau bangun tidur. Sebenarnya apa sih penyebab hal ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Ahli saraf dr Lilir Amalini, SpS, dari Primaya Evasari Hospital menjelaskan sakit kepala saat tidur bisa disebabkan hal yang disebut tension type headache (TTH). Ini terjadi akibat ketegangan otot di bagian kepala, leher, dan bahu akibat posisi tidur yang kurang tepat.

"Nyeri biasanya dirasakan seperti tegang kaku dan berat terutama di bagian atas kepala, dahi samping kepala, atau bisa dirasakan di seluruh bagian kepala," kata dr Lilir pada detikcom dan ditulis Selasa (15/2/2022).

"Hal ini juga dapat disertai rasa melayang, mual, atau muntah," lanjutnya.

Sakit kepala karena TTH bisa berlangsung selama setengah jam hingga beberapa hari. Untuk mengatasinya dr Lilir menyarankan minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau parasetamol.

dr Lilir mengatakan agar TTH tidak terjadi ada baiknya memakai bantal yang tidak terlalu tinggi dan bisa nyaman menyangga leher. Disarankan juga rutin melakukan peregangan otot leher serta bahu, menghindari stres, dan menghindari kurang tidur.

"Tension type headache merupakan salah satu jenis nyeri kepala primer yang tidak berbahaya, namun apabila gejala dirasakan terus menerus dan semakin memberat atau disertai gejala lain seperti demam, pandangan dobel, kesemutan, atau kelemahan anggota tubuh sebaiknya diperiksakan ke dokter saraf terdekat untuk menyingkirkan diagnosis lain," pungkas dr Lilir.



Simak Video "Siapa Saja yang Disarankan untuk Jalani Meditasi?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)