Rabu, 16 Feb 2022 10:36 WIB

Konsultasi Kesehatan

Tempurung Lutut Mudah Bergeser, Bagaimana Solusinya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
woman runner hold her sports injured knee Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok mau tanya kenapa tempurung lutut saya mudah bergeser/dislokasi patella?

Mengapa lutut saya runcing sehingga tempurung lutut saya mudah sekali bergeser dari tempatnya dan itu sangat sakit sekali. Bagaimana cara mengatasinya, Dok?

Orie Yenika (Wanita, 20 tahun)


Jawaban

Selamat pagi Bu Orie, semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Bila diperhatikan dari cerita Ibu kemungkinan besar mengalami patellar dislocation di mana tempurung lutut mudah bergeser ke arah luar dan biasanya disertai nyeri. Keadaan tidak stabil pada lutut ini bisa dipicu oleh trauma ataupun kondisi tubuh Ibu memang lebih lentur dibandingkan dengan individu lain.

Penanganan awal bila terjadi ini bisa dilakukan tindakan imobilisasi, lalu kompres dingin dan segera dikonsultasikan dengan dokter SpOT terdekat untuk dapat dilakukan pemeriksaan klinis maupun penunjang guna memantapkan diagnosis.

Selain itu, olahraga ringan seperti bersepeda dan renang dapat menguatkan otot-otot sekitar lutut guna mencegah kejadian serupa terulang.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk ibu, terima kasih.

dr Arrio Yusman, SpOT
Spesialis Orthopedi Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Ahli Wanti-wanti Gelombang Keempat Covid-19 Akan Lebih Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)