Aturan Karantina Masuk RI Mulai Hari Ini: Vaksin 2 Dosis 5 Hari, Booster 3 Hari

ADVERTISEMENT

Aturan Karantina Masuk RI Mulai Hari Ini: Vaksin 2 Dosis 5 Hari, Booster 3 Hari

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 16 Feb 2022 12:37 WIB
Indonesia dan sejumlah negara lainnya menangguhkan perjalanan dari beberapa negara di Afrika. Hal itu dilakukan imbas munculnya varian Omicron.
Aturan karantina masuk Indonesia. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Aturan karantina masuk Indonesia kembali diperbarui. Berdasarkan SE Satgas Nomor 7 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Masa Pandemi COVID-19 yang mulai berlaku hari ini Rabu (16/2/2022), lama durasi karantina dibagi menjadi tiga kategori.

Mereka yang sudah divaksinasi booster hanya menerapkan karantina selama tiga hari, dengan syarat menunjukkan hasil negatif tes PCR dari negara keberangkatan dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam.

Aturan karantina berdasarkan status vaksinasi

Pada saat kedatangan, dilakukan tes ulang RT-PCR bagi pelaku perjalanan luar negeri dan diwajibkan menjalani karantina terpusat dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Karantina selama 7 x 24 jam bagi pelaku perjalanan luar negeri yang telah menerima vaksin dosis pertama

2. Karantina selama 5 x 24 jam bagi pelaku perjalanan luar negeri yang telah menerima vaksin dosis kedua;

3. Karantina selama 3 x 24 jam bagi pelaku perjalanan luar negeri yang telah menerima vaksin dosis ketiga; atau

4. Bagi pelaku perjalanan luar negeri usia di bawah 18 tahun atau yang berusia di bawah 18 tahun dan membutuhkan perlindungan khusus, maka durasi karantina mengikuti ketentuan yang diberlakukan kepada orangtua atau pengasuh/pendamping perjalanannya.

Bagaimana jika tes ulang PCR positif COVID-19?

Jika tes ulang PCR saat kedatangan dinyatakan positif COVID-19, pasien Corona bergejala ringan bisa melanjutkan isolasi di tempat terpusat. Berikut ketentuannya.

1. Bagi pelaku perjalanan luar negeri yang menunjukkan hasil positif tanpa gejala atau mengalami gejala ringan, dilakukan isolasi atau perawatan di hotel isolasi atau fasilitas isolasi terpusat yang ditetapkan pemerintah dengan biaya seluruhnya ditanggung mandiri bagi WNA atau ditanggung pemerintah bagi WNI; atau

2. Bagi pelaku perjalanan luar negeri yang menunjukkan hasil positif dengan gejala sedang atau gejala berat, dan/atau dengan komorbid yang tidak terkontrol, dilakukan isolasi atau perawatan di rumah sakit rujukan COVID-19 dengan biaya seluruhnya ditanggung mandiri bagi WNA atau ditanggung pemerintah bagi WNI.

Simak Video 'Karantina PPLN 3 Hari untuk yang Sudah Vaksinasi Booster':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT