Jumat, 18 Feb 2022 06:28 WIB

Omicron di Mana-mana, Benarkah Minum Air Kelapa Bisa Perkuat Imun?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Setiap Bulan Ramadhan, masyarakat kerap berburu takjil untuk berbuka puasa. Yang banyak diburu warga salah satunya adalah es kelapa muka. Air kelapa (Foto: Rengga Sencaya)
Jakarta -

Daya tahan tubuh yang baik dibutuhkan untuk menangkal laju penularan COVID-19 varian Omicron yang tinggi. Benarkah minum air kelapa bisa membantu sistem imun?

Walau tidak berarti bisa menggantikan masker dan protokol kesehatan yang lain, minum air kelapa ternyata memang ada manfaatnya terkait pencegahan infeksi. Hal ini disampaikan oleh Rita Ramayulis, pakar nutrisi dari Klinik Kebugaran Royal Sport Performance Center Senayan City.

Pada prinsipnya, sistem kekebalan tubuh adalah sistem kompleks yang terdiri dari sel dan jaringan yang saling bekerja sama melindungi tubuh melawan infeksi. Salah satu kebutuhan agar sistem ini berjalan dengan baik adalah keseimbangan cairan tubuh, yang bisa dipenuhi dengan air kelapa.

"Cairan tubuh memiliki peran penting dalam memelihara membran sel yang bertugas melindungi semua organ tubuh, sebagai komponen utama dari sel-sel darah putih dan membantu penyerapan zat gizi serta mendistribusikannya ke seluruh sel yang membutuhkan," jelas Rita.

Salah satu kandungan penting dalam air kelapa menurut Rita adalah cairan elektrolit. Berbagai elektrolit seperti kalium, magnesium, dan kalium dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

"Elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan bahkan memastikan fungsi otot yang tepat. Tentu saja, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat dan protein pada saat terinfeksi," jelasnya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Meski Naik, Kasus Harian Covid-19 RI Belum Setinggi Negara-Negara Tetangga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)