Jumat, 18 Feb 2022 16:15 WIB

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Status dan Aturan Terbaru

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Pedagang Kaki Lima (PKL) tetap berjualan di Trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (12/5/2021). Meski hari raya Idul Fitri tinggal satu hari lagi para pedagang tetap berjualan di trotoar. Jakarta PPKM level berapa (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Jakarta PPKM level berapa sih? Pertanyaan ini kerap dicari oleh masyarakat untuk mengetahui informasi dan aturan terbaru. Pasalnya, pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah, termasuk DKI Jakarta.

Hal ini tercantum dalam Instruksi menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 10/2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 CORONA VIRUS DISEASE 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Lantas, Jakarta PPKM level berapa? Simak informasi berikut.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan yang Berlaku

DKI Jakarta masih menerapkan status PPKM level 3 yang ditetapkan mulai dari tanggal 15 Februari sampai dengan 21 Februari 2022.

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 15 Februari 2022 sampai dengan tanggal 21 Februari 2022," tulis isi Inmendagri No 10/2022.

Jakarta PPKM Level Berapa? WFO 50 Persen

Terdapat sejumlah aturan yang disesuaikan dalam PPKM level 3 di Jakarta, salah satunya work from office (WHO) di perkantoran non-esensial.

"Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 50 persen (lima puluh persen) WFO bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja," tulis Inmendagri tersebut.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan Tempat Wisata di Jakarta

Selain diperbolehkan WFO 50 persen, Inmendagri juga menetapkan aturan terkait kunjungan tempat wisata di Jakarta selama PPKM level 3, yaitu:

  1. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan.
  2. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.
  3. Anak usia dibawah 12 tahun wajib didampingi orang tua. Khusus untuk anak usian 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan Tempat Bioskop di Jakarta

Adapun sejumlah aturan untuk tempat bioskop, seperti:

  1. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai
  2. Kapasitas maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.
  3. Anak usia dibawah 12 tahun wajib didampingi orang tua, khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.
  4. Restoran/rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.
  5. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan di Tempat Kegiatan Seni

PPKM level 3 di Jakarta juga menerapkan aturan untuk tempat kegiatan seni, yaitu:

  1. Dapat dibuka/dilakukan dengan kapasitas maksimal 50 persen, dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
  2. Hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi, kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan di Tempat Kebugaran

Bagi masyarakat yang suka olahraga dan pergi ke tempat kebugaran, ini ada informasi terkait PPKM level 3:

  1. Kegiatan di pusat kebugaran/gym diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.
  2. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan Transportasi Umum

Kemudian ada juga aturan PPKM untuk transportasi umum yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen. Sedangkan 100 persen untuk pesawat terbang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan Resepsi Pernikahan

Bagi masyarakat yang telah merencakan pernikahan, jangan lupa mengikuti aturan PPKM level 3 sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 25 persen dari kapasitas ruangan dan tidak mengadakan makan di tempat dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Jakarta PPKM Level Berapa? Ini Aturan Pusat Perbelanjaan/Mal

Masyarakat di Jakarta masih bisa pergi ke pusat perbelanjaan dan mal asalkan tahu aturan PPKM level 3 sebagai berikut:

  1. Kapasitas maksimal 60 persen dan jam operasional sampai dengan pukul 21.00 WIB.
  2. Wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan terkait. Hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan
  3. Anak usia dibawah 12 tahun wajib didampingi orang tua, khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.
  4. Tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan dapat dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan syarat menunjukkan bukti vakinsasi lengkap, khusus untuk setiap anak usia 6 sampai dengan 12 tahun yang masuk.

Jadi, buat masyarakat yang masih bingung Jakarta PPKM level berapa? Saat ini masih diterapkan level 3 ya.



Simak Video "Mahkamah Agung AS Batalkan Aturan Legal Aborsi, Dirjen WHO Kecewa"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)