Minggu, 27 Feb 2022 20:30 WIB

Nggak Perlu Dijahit, 7 Cara Ini Bikin Miss V Kencang Usai Lahiran

Hartaty Varadifa - detikHealth
Wound sewn with needle and pink thread - Concept of violence against women Tak perlu dijahit, ini cara bikin miss v kencang usai lahiran. (Foto: Getty Images/iStockphoto/CalypsoArt)
Jakarta -

Usai melahirkan, kondisi vagina wanita pada umumnya konon menjadi lebih lebar. Hal ini disebabkan oleh otot-otot panggul yang meregang dan otot-otot vagina yang mengendur.

Peregangan pada vagina pada dasarnya tergantung pada:

  • Ukuran bayi
  • Genetik
  • Seberapa sering melakukan latihan dasar panggul selama kehamilan untuk mengencangkan otot-otot, dalam persiapan untuk melahirkan
  • Seberapa berapa lama wanita mendorong selama persalinan, dan apakah forsep atau ekstraksi vakum digunakan
  • Seberapa banyak melakukan persalinan yang bisa membuat vagina meregang sedikit demi sedikit

Ketika vagina terus meregang, sebagian pasangan mungkin merasakan hal yang berbeda saat bercinta. Seperti tidak merasakan apapun selama melakukan aktivitas seksual.

Pada akhirnya hal ini bisa membuat wanita tidak percaya diri dan merasa gagal ketika berhubungan intim. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengencangkan vagina kembali.

Berikut 7 cara mengencangkan vagina setelah melahirkan:

1. Kegel

Latihan kegel adalah cara terbaik untuk mengencangkan otot dasar panggul, dan sangat bagus untuk mulai melakukannya selama masa kehamilan. Sehingga dapat mengembalikan keadaan otot-otot seperti semula.

Mulailah dengan menahan alat pemerasan atau squeeze selama 4 atau 5 detik di awal. Usahakan otot tetap berkontraksi selama 10 detik. Cobalah untuk melakukannya setidaknya tiga set kegel dalam sehari. Bahkan untuk hasil terbaik dianjurkan melakukan kegel selama 5 menit sehari selama kehamilan dan setelah melahirkan.

2. Leg raises

Latihan sederhana ini adalah cara yang bagus untuk mengencangkan otot-otot vagina secara alami. Untuk melakukan leg raise, berbaring telentang di lantai lalu angkat kaki ke atas satu demi satu. Pastikan kondisi kaki tetap lurus saat mengangkat dan menurunkannya.

3. Orgasme

Apakah kamu tahu bahwa selama orgasme, otot dasar panggul bisa kontraksi dan terjadi pelepasan? Artinya orgasme bisa membantu wanita untuk mengencangkan vagina setelah melahirkan.

Maka, semakin sering wanita mengalami orgasme, semakin mudah mengencangkan otot dasar panggul.

4. Vaginal cones

Vaginal cones adalah suatu alat berbentuk kerucut yang mirip dengan tampon yang memiliki pemberat yang bisa dimasukkan ke dalam vagina yang bisa mengencangkan vagina setelah melahirkan.

Caranya bisa memasukkan cone yang paling ringan di awal ke dalam vagina dan mencoba menahannya dengan otot. Ulangi aktivitas ini sebanyak dua kali selama 15 menit setiap hari. Secara bertahap tingkatkan beban cone, dan pastikan untuk selalu mencucinya dengan air hangat setelah menggunakannya.

5. Ben Wa Ball

Ben Wa Ball adalah bola kegel yang berukuran kecil seperti kelereng yang dapat digunakan untuk memperkuat otot dasar panggul dan mengencangkan vagina. Cara menggunakannya tahan bola dengan otot miss v. Lakukan dengan perlahan hingga 15 menit.

6. Yoga

Yoga sangat bermanfaat untuk mengencangkan vagina setelah melahirkan. Beberapa pose yoga seperti child's pose dan bridge pose sangat cocok untuk mengencangkan vagina.

Namun, jika salah melakukannya bisa menimbulkan permasalahan pada fisik. Maka, sebaiknya lakukan konsultasi dengan para ahli yoga sebelum melakukannya.

7. Diet

Mengonsumsi makanan yang kaya dengan estrogen alami, seperti biji wijen, delima, kedelai, wortel, gandum, dan apel dapat mengencangkan vagina. Selain itu perbanyak konsumsi sayuran dan protein hewani tanpa lemak.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)