Kapan Sebaiknya Lakukan Tes Kehamilan agar Hasilnya Akurat?

ADVERTISEMENT

Kapan Sebaiknya Lakukan Tes Kehamilan agar Hasilnya Akurat?

Sponsored - detikHealth
Sabtu, 05 Mar 2022 07:02 WIB
Ilustrasi Tes Kehamilan
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi pasangan yang ingin memiliki momongan. Rasa tak sabar menanti kehadiran si buah hati kerap membuat calon orang tua melakukan tes kehamilan sendiri untuk mengetahui apakah sudah ada pembuahan pada rahim atau belum.

Untuk mengetahui apakah pasangan positif hamil atau belum yakni dengan menggunakan test pack. Test pack bekerja dengan mendeteksi hormon tertentu yang terkandung di dalam urine tersebut. Dalam beberapa saat saja, Anda dan pasangan sudah bisa mengetahui hasilnya.

Cara Kerja Test Pack

Mungkin banyak yang masih mengira test pack kehamilan berfungsi setelah terpapar urine. Hal ini tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar.

Lebih tepatnya, test pack menunjukkan hasil setelah terpapar hormon Human chorionic gonadotropin (hCG) yang terkandung di urine. Dilansir dari Pregnancy Birth & Baby, hormon ini muncul pada kandungan darah dan urine wanita saat masa kehamilan.

hCG terbentuk dari plasenta hasil perkembangan embrio. Jika test pack mendeteksi kandungan hCG dalam urine, maka hasilnya akan menunjukkan positif.

Biasanya, butuh waktu hingga 2 minggu setelah pembuahan bagi hormon hCG untuk mencapai kadar yang tinggi sehingga dapat terdeteksi oleh test pack. Jadi jangan kecewa bila hasil tes Anda negatif. Tunggu lah beberapa hari atau minggu sebelum kembali melakukan tes, bisa saja hasilnya berubah!

Waktu Terbaik Melakukan Tes Kehamilan

Sebenarnya tes kehamilan dapat dilakukan pada waktu kapan pun. Meskipun begitu, sejumlah studi menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah di pagi hari.

Dilansir dari Very Well Family, banyak perusahaan produsen test pack merekomendasikan Anda melakukan tes di pagi hari. Sebab, kadar hormon hCG dalam urine lebih terkonsentrasi saat Anda bangun tidur di pagi hari.

Kadar hCG sendiri akan terus meningkat setiap 2-3 hari di masa awal kehamilan, jadi Anda tidak perlu cemas saat tes menunjukkan hasil negatif. Setelah memasuki minggu keempat atau kelima, kadar hCG Anda akan mencapai yang tinggi sehingga terdeteksi di urine.

Jika kesibukan dan kondisi lain membuat Anda tidak bisa melakukan tes di pagi hari, Anda bisa menciptakan kembali kondisi urine di pagi hari dengan tidak buang air selama 4 jam. Hindari pula minum air terlalu banyak karena dapat mengencerkan kadar hCG dalam urine.

Positif Hamil, Apa Langkah Selanjutnya?

Jika hasil tes positif, maka selanjutnya Anda bisa memeriksakan kandungan ke dokter spesialis atau bidan untuk mengetahui usia hingga kondisi janin Anda.

Pada pemeriksaan pertama, dokter umumnya akan melakukan USG transvaginal untuk melihat kondisi janin. Setelahnya, Anda akan diminta untuk kembali mengecek kandungan setelah berusia 10 minggu.

Di masa-masa awal ini, Anda pun harus senantiasa menjaga kondisi fisik dan kesehatan tubuh. Bila perlu konsumsi asupan tambahan seperti multivitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian baik untuk Anda maupun calon bayi.

Salah satunya adalah Bundavin, produk multivitamin dan mineral dari PT Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui. Selain sebagai tambahan nutrisi, Bundavin juga menjaga agar ibu hamil tidak kekurangan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan janin yang dikandungnya.

Bundavin bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seperti zat besi, yodium, kalsium serta asam folat. Asam folat dapat mengurangi risiko cacat lahir pada janin yang dikenal dengan neural tube defect. Ini adalah cacat lahir pada otak, tulang belakang atau sumsum tulang belakang.

Ilustrasi Tes KehamilanFoto: Dok. Samco

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal tes kehamilan. Jangan berkecil hati bila hari ini hasilnya negatif. Tunggu beberapa waktu dan bisa saja Anda akan mendapatkan hasil yang menggembirakan selang beberapa minggu kemudian.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Bundavin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT