Sabtu, 05 Mar 2022 06:40 WIB

WHO Peringatkan Varian Baru Corona Bisa Muncul Gegara Konflik Rusia-Ukraina

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Stanislav, 40, says goodbye to his son David, 2, and his wife Anna, 35, on a train to Lviv at the Kyiv station, Ukraine, Thursday, March 3. 2022. Stanislav is staying to fight while his family is leaving the country to seek refuge in a neighbouring country. (AP Photo/Emilio Morenatti) Risiko varian baru Corona muncul gegara konflik Rusia-Ukraina. (Foto: AP/Emilio Morenatti)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina mungkin akan meningkatkan penularan COVID-19. Akhirnya, kondisi ini akan meningkatkan risiko sejumlah orang mengembangkan infeksi parah akibat virus Corona.

Selain risiko lonjakan kasus COVID-19, WHO juga menyoroti dan prihatin terhadap kondisi keadaan darurat kemanusiaan yang berlangsung di Ukraina.

"Sebelum konflik, Ukraina telah mengalami lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini. Tingkat pengujian yang rendah sejak awal konflik berarti kemungkinan ada penularan signifikan yang tidak terdeteksi," jelas Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers, dikutip dari Times of India, Jumat (4/3/2022).

"Ditambah dengan cakupan vaksinasi yang rendah, ini meningkatkan risiko sejumlah besar orang mengalami penyakit parah," imbuhnya.

Selain itu, Tedros juga melihat kekurangan oksigen yang kritis di Ukraina bisa berdampak pada sistem perawatan pasien COVID-19 dan kondisi kesehatan lainnya.

"Pergerakan populasi massal kemungkinan akan berkontribusi lebih jauh terhadap penularan COVID-19, berpotensi meningkatkan tekanan pada sistem kesehatan di negara-negara tetangga," beber Tedros.

Pada kesempatan yang sama, direktur eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO Mike Ryan memperingatkan bahwa pergerakan populasi massal akibat konflik ini juga bisa memicu munculnya varian baru COVID-19.



Simak Video "Ukraina Dinilai Mampu Pertahankan Sistem Pengawasan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)