3 Cara Mencegah Diabetes, Komorbid yang Berisiko Fatal Jika Terkena Omicron

ADVERTISEMENT

3 Cara Mencegah Diabetes, Komorbid yang Berisiko Fatal Jika Terkena Omicron

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Minggu, 06 Mar 2022 15:01 WIB
makanan pasien diabetes
Diabetes (Foto: iStock)
Jakarta -

Sejumlah pakar mengklaim gejala COVID-19 varian Omicron lebih ringan daripada varian lainnya, seperti Delta. Meskipun demikian, varian ini tetap tak boleh disepelekan. Pasalnya, varian Omicron juga sangat berbahaya bagi masyarakat yang mengidap komorbid. Bahkan bisa berisiko fatal hingga kematian.

Hal tersebut diketahui dari pernyataan Prof Dr dr Syafri Kamsul Arif, SpAn, KIC, KAKV, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN).

"Pasien-pasien COVID-19 yang mengalami pemburukan ke derajat berat dan kritis ini biasanya disebabkan dari hal berikut, pertama, pasien terkena dengan virus yang variannya memang ganas, kedua pasien tersebut memiliki penurunan imunitas tubuh. Dan yang ketiga pasien-pasien yang memiliki komorbid. Komorbid dalam hal ini pasien-pasien yang hipertensi, diabetes, geriatric, ada penyakit autoimun, penyakit gagal ginjal, dan penyakit paru obstruktif ya, menahun misalnya," tuturnya dalam webinar konferensi pers dan launching buku Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi ke-4, Rabu (9/2/2022).

Lantas, bagaimana cara mencegah penyakit diabetes?

Dikutip dari Mayo Clinic, Minggu (6/3/2022), berikut sejumlah cara mencegah penyakit diabetes yang bisa dilakukan sejak dini.

1. Menjaga berat badan

Diabetes bisa disebabkan akibat kegemukan atau obesitas akibat meningkatnya kadar resistensi insulin di dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu cara mencegah diabetes disarankan untuk menjaga berat badan.

2. Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, menurunkan gula darah tinggi, dan meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat menjaga gula darah dalam kisaran normal.

Adapun sejumlah olahraga yang bisa dilakukan, seperti senam aerobik dan lainnya.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman manis yang dapat menyebabkan gula darah tinggi, penambahan berat badan, dan bermasalah dengan fungsi insulin. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, serat, vitamin, dan tanpa lemak.



Simak Video "Ini Kelompok yang Rentan Tertular Omicron XBB"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT