Minggu, 06 Mar 2022 22:00 WIB

5 Obat Alami Ala Jepang untuk Redakan Gejala Omicron

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Tren Jelly Madu di TikTok Obat alami ala Jepang untuk redakan gejala Omicron (Foto: TikTok @_chwisbuncis_ @emilmario69 iStock)
Jakarta -

COVID-19 varian Omicron diklaim memicu gejala yang lebih ringan dibandingkan varian lainnya. Bahkan disebut-sebut mirip dengan penyakit flu biasa, seperti batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan.

Hal ini pun juga dibenarkan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang menyatakan varian Omicron mirip seperti flu.

"Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa," kata Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat PDPI dr Erlina Burhan dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1/2022).

Berbicara tentang gejala Omicron yang berupa batuk hingga pilek, berikut sejumlah obat alami ala Jepang untuk meredakannya, dikutip dari All About Japan, Minggu (6/3/2022).

1. Shoga-yu (jahe dan madu)

Panduan madu dan jahe berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan.

Dikutip dari laman resmi Penn Medicine, madu dikenal sebagai obat sakit tenggorokan lantaran memiliki sifat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Bahkan, bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan di tenggorokan loh.

Begitu juga dengan jahe yang diklaim memiliki sifat antiinflamasi yang berguna mengendurkan selaput di saluran pernapasan yang dapat mengurangi batuk.

2. Teh hijau

Pasien COVID-19, termasuk Omicron bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti teh hijau. Pasalnya, teh ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

Peneliti Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

3. Hachimitsu daikon (madu dan lobak putih)

Alternatif minuman madu lainnya adalah madu dengan lobak putih. Sebagai informasi, lobak putih memiliki kandungan vitamin C dan enzim yang dapat melarutkan mukus atau lendir yang ada dalam tenggorokan.

Caranya, potong lobak putih menjadi kecil-kecil seperti dadu, kemudian masukan ke dalam larutan madu. Diamkan selama beberapa jam agar meresap, lalu diminum.

4. Bawang bombai

Selain dijadikan sebagai bahan masakan, bawang bombai juga meredakan gejala COVID-19 Omicron.

Kandungan antiinflamasi, vitamin C, dan flavonoid di dalamnya berguna untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Bisa dikonsumsi dengan air hangat yang ditambahkan sedikit madu dan jahe.

5. Jamur shiitake

Selain rasanya yang kenyal, jamur shiitake secara tradisional digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang tentunya bisa membantu proses penyembuhan akibat infeksi Omicron.

Untuk mengkonsumsinya, bisa campurkan jamur shiitake ke dalam sup atau dikukus.



Simak Video "Seperti Apa Gejala Virus Covid-19 Varian Omicron?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)