Senin, 07 Mar 2022 14:30 WIB

Viral Makan Nasi Padang Pakai Sendok VS Tangan Kosong, Mana Lebih Sehat?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Bawa Duit Rp 10.000 Bisa Kenyang Makan Nasi Padang di 5 Tempat Ini Ilustrasi makan nasi padang pakai sendok versus langsung dengan tangan. Foto: Instagram/iStock
Jakarta -

Baru-baru ini, media sosial dibuat geli oleh perdebatan makan nasi padang dengan sendok versus pakai tangan tanpa sendok. Awalnya, pertanyaan tersebut dicetuskan oleh influencer Arief Muhammad lewat laman Instagramnya @ariefmuhammad dengan tagar #PakaiTangan.

"Heran, kok masih banyak ternyata yang makan nasi padang pakai sendok. Nikmatnya makan nasi padang pake sendok tuh dimana? Coba deh gue pengen tau kalian makan nasi padang pakai tangan atau sendok," ujarnya, kemudian disertai hasil polling dengan mayoritas netizen memilih makan nasi padang dengan tangan tanpa sendok.

Pendapat lainnya disampaikan oleh influencer Fadly Faisal, adik dari mendiang Bibi Andriansyah. Menurutnya, makan nasi padang menggunakan tangan bikin ribet.

"Ribeeettt pake tangan, mending pake sendok dongg jadi nggak ngotorin tangan juga kann," ujarnya dalam sebuah unggahan Instagram Story.

Makan pakai tangan vs pakai sendok, apa pengaruhnya?

Ditemui detikcom, spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik, dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, menyebut pada dasarnya, tak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara makan menggunakan sendok atau langsung dengan tangan tanpa sendok, terlebih perihal asupan gizi.

Namun memang pada beberapa orang, makan langsung dengan tangan tanpa sendok bisa memicu napsu makan lebih tinggi, serta asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan makan dengan sendok.

"Sebenarnya sih kalau makan dengan tangan atau sendok itu tergantung kebiasaan dan itu sebenarnya tidak terlalu berpengaruh dengan gizi atau makanan atau kalori makanan yang masuk," ujarnya saat ditemui detikcom, Senin (7/3/2022).

"Tapi misalnya ada orang yang mungkin kalau makannya lebih enak pakai tangan itu makannya bisa kebablasan tuh makannya lebih banyak. Atau mungkin ada yang agak risih dengan tangan dan lebih senang dengan sendok itu sebenarnya nggak masalah," imbuh dr Karin.

Makan nasi padang langsung pakai tangan tanpa sendok memang lebih nikmat dan bisa bikin 'kebablasan'. Namun bagaimana dengan aspek kebersihannya? Mungkinkah makan langsung dengan tangan tanpa sendok bikin kuman lebih mudah masuk ke tubuh?

Selanjutnya
Halaman
1 2