Selasa, 08 Mar 2022 19:17 WIB

3 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami, Mudah Banget!

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Beautiful young asian woman looking the mirror and touch face is a acne, zit treatment, beauty girl problem beauty and skin with wrinkled on facial in the room at home, makeup and cosmetic concept. Cara menghilangkan jerawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527)
Jakarta -

Cara menghilangkan jerawat bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Menggunakan bahan yang natural dapat meremajakan kulit sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan tambahan. Perlu diketahui, jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum di dunia dan mempengaruhi sekitar 85% orang dewasa muda.

Perawatan jerawat konvensional menggunakan asam salisilat, niacinamide, atau benzoil peroksida terbukti menjadi solusi yang paling efektif, tetapi harganya bisa mahal dan memiliki efek samping yang tidak diinginkan pada kulit, seperti kekeringan, kemerahan, dan iritasi.

Hal ini telah mendorong banyak orang untuk mencari pengobatan untuk menyembuhkan jerawat secara alami di rumah. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa sebanyak 77% pasien jerawat telah mencoba perawatan alternatif. Mereka menemukan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan rumahan.

Banyak pengobatan rumahan yang tidak memiliki dukungan ilmiah, dan penelitian lebih lanjut tentang keefektifannya juga diperlukan. Namun, jika ingin mencari perawatan alternatif, masih ada opsi yang patut dicoba.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Dikutip dari Healthline, terdapat setidaknya tiga cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar dengan harga yang murah.

1. Mengoleskan cuka apel

Cuka apel dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat karena mengandung asam organik yang dapat membunuh bakteri, menekan peradangan, dan memperbaiki tampilan bekas jerawat.

Cuka apel juga dapat membantu mengurangi:

  • Mengurangi infeksi bakteri dan jamur
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mengurangi kolesterol
  • Menyembuhkan peradangan
  • Manajemen berat badan

Cuka apel dibuat dengan fermentasi sari apel, atau jus tanpa filter dari apel yang ditekan. Seperti cuka lainnya, ia dikenal karena kemampuannya untuk melawan banyak jenis bakteri dan jamur.

Cuka apel mengandung asam organik, seperti asam sitrat, yang telah ditemukan untuk membunuh P. acnes. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam suksinat, asam organik lain, menekan peradangan yang disebabkan oleh P. acnes. Asam laktat, asam lain dalam cuka sari apel, juga dapat memperbaiki tampilan bekas jerawat.

Walau komponen cuka sari apel tertentu dapat membantu mengatasi jerawat, saat ini tidak ada bukti yang mendukung penggunaannya untuk tujuan ini. Beberapa ahli kulit menyarankan untuk tidak menggunakan cuka apel sama sekali, karena dapat mengiritasi kulit.

2. Membuat masker madu dan kayu manis

Kombinasi madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri untuk membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, madu dan kayu manis juga bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan tekanan darah
  • Meningkatkan kadar gula darah
  • Mengurangi kolesterol
  • Menyembuhkan peradangan
  • Menyembuhkan luka dan perawatan luka bakar

Madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu jerawat.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa kombinasi madu dan ekstrak kulit kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap P. acnes.

Penelitian lain menunjukkan bahwa madu sendiri dapat menghalangi pertumbuhan atau membunuh P. acnes. Jadi, madu dan kayu manis bisa menjadi solusi cara menghilangkan jerawat secara natural.

Meski begitu, temuan ini tidak serta merta berarti madu efektif mengobati jerawat.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 136 orang dengan jerawat menemukan bahwa mengoleskan madu ke kulit setelah menggunakan sabun antibakteri tidak lebih efektif untuk mengobati jerawat daripada menggunakan sabun itu sendiri.

Walau sifat anti-inflamasi dan antibakteri madu dan kayu manis dapat mengurangi jerawat, penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan.

3. Mengoleskan teh hijau ke kulit

Teh hijau mengandung senyawa nabati dan antioksidan yang membantu mengobati jerawat saat dikonsumsi atau dioleskan ke kulit. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu:

  • Mengelola tekanan darah
  • Mengelola kadar gula darah
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menyembuhkan peradangan
  • Membantu sistem metabolisme dan pembakaran lemak
  • Mengurangi stres dan kecemasan
  • Menyembuhkan kerusakan gigi dan bau mulut

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan.

Teh hijau juga dapat membantu mengurangi jerawat. Hal ini disebabkan karena polifenol dalam teh hijau mampu membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat. Teh hijau hadir sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.

Tidak banyak penelitian yang mengeksplorasi manfaat minum teh hijau untuk mengatasi jerawat, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui khasiat yang sesungguhnya.

Dalam sebuah penelitian kecil pada 80 wanita, peserta mengambil 1.500 mg ekstrak teh hijau setiap hari selama 4 minggu. Di akhir penelitian, wanita yang mengonsumsi ekstrak memiliki lebih sedikit jerawat di hidung, dagu, dan sekitar mulut mereka.

Penelitian juga menemukan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin, yang merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa mengoleskan teh hijau langsung ke kulit dapat membantu mengatasi jerawat.

Antioksidan utama dalam teh hijau, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG) mampu mengurangi produksi sebum, melawan peradangan, dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada individu dengan kulit yang rawan jerawat.

Oleh karena itu, mengoleskan ekstrak teh hijau ke kulit secara signifikan mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat. Teh hijau adalah cara menghilangkan jerawat yang praktis dan mudah didapat.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)