Healthy Lifestyle Is a Choice!

ADVERTISEMENT

Kolom

Healthy Lifestyle Is a Choice!

Nurul Baiti - detikHealth
Rabu, 09 Mar 2022 09:27 WIB
Ilustrasi Kesehatan
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Di masa pandemi, virus dapat menular dengan mudah dan sangat cepat. Menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh sangatlah penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh yang sehat dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Seperti bagaimana beraktivitas dalam sehari-hari, apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan pola waktu istirahat. Tubuh yang kuat dapat dibangun dengan pola hidup yang sehat dan benar.

Membangun kebiasaan pola hidup sehat yang konsisten memang cukup tricky (sulit) bagi beberapa orang. Namun, kebiasaan pola hidup sehat memberikan segudang manfaat bagi tubuh. Dilansir dari Harvard Health Publishing bahwasannya orang yang tidak memiliki kebiasaan pola hidup yang sehat jauh lebih mungkin meninggal sebelum waktunya karena kanker atau penyakit kardiovaskular. Ternyata pola hidup sehat juga sangat mempengaruhi faktor panjangnya usia. Yuk, simak tips berikut ini untuk membangun pola hidup yang sehat!

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu komponen yang penting dalam hidup sehat. Rumah yang bersih merupakan mencerminkan gaya hidup seseorang. Pastikan di setiap ruangan dan lingkungan sekitar rumah bersih, karena virus, kuman, dan bakteri cepat berkembang biak di lingkungan yang kotor. Ruangan yang cukup terkena sinar cahaya matahari dan ventilasi yang memadai juga sangatlah penting dalam menjaga kelembaban ruangan serta sirkulasi udara.

2. Rutin Berolahraga

Kegiatan fisik seperti olahraga sangatlah penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan aktivitas berolahraga setidaknya selama 30 menit per hari atau 90 menit per minggu. Selain itu, manfaat dari olahraga sangatlah banyak! Dari segi fisik maupun mental. Beberapa diantaranya adalah menjaga berat badan tubuh agar tidak terjadi obesitas, mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, mengurangi risiko osteoporosis, mengurangi stress, meningkatkan kualitas tidur yang baik, dan memperbaiki suasana hati.

3. Istirahat Cukup

Tubuh memerlukan waktu istirahat untuk meregenerasi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu istirahat yang cukup sangatlah berdampak dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa manfaat diantaranya adalah menjaga sistem imun tubuh, mencegah risiko penyakit jantung, menjaga emosional, mencegah depresi, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan konsentrasi dalam berpikir. Istirahat dapat dikatakan cukup, dengan porsi durasi yang berbeda-beda sesuai dengan usia. Untuk usia anak-anak membutuhkan 9-11 jam/hari. Usia remaja membutuhkan waktu 8-10 jam/hari. Sedangkan usia dewasa membutuhkan kisaran 7-9 jam/hari.

4. Hindari Makanan Cepat Saji dan Minuman Beralkohol atau Berkarbonasi

Makanan cepat saji atau yang disebut dengan junk food memanglah enak dan sangat menggoda selera. Namun konsumsi yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan dan memberi dampak negatif bagi tubuh. Minuman beralkohol dan berkarbonasi juga sangat tidak direkomendasikan. Karena jenis minuman ini memberikan dampak yang sangat buruk, seperti diabetes, osteoporosis, obesitas, hipertensi, serangan jantung, kerusakan hati, kerusakan pada gigi, tulang serta saraf, dan sel otak.

5. Terapkan 4 Sehat 5 Sempurna

Masih ingatkah dengan lirik lagu "nasi lauk sayuran, buah dan susu"? Iya, betul! Lagu tersebut sering disenandungkan oleh anak usia Taman Kanak-Kanak maupun Sekolah Dasar. Nyatanya komponen makanan dan minuman yang disebutkan dalam lirik lagu tersebut sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan seimbang. Lalu apa saja yang perlu kita konsumsi agar mendapatkan asupan yang bergizi seimbang?

Hal yang pertama, adalah makanan pokok atau nasi. Nasi merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi tubuh. Selain nasi, karbohidrat dapat juga diperoleh dari kentang atau umbi-umbian, gandum, sagu maupun jagung. Kemudian yang kedua, yakni lauk pauk. Antara lauk pauk bersumber nabati dan hewani haruslah seimbang. Ketiga dan keempat, adalah sayuran serta buah- buahan. Sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai zat vitamin serta mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh serta kaya akan serat. Lalu yang terakhir adalah susu! Susu berperan sebagai pelengkap asupan gizi yang ideal bagi tubuh. Kandungan susu yang kaya protein dan kalsium, sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh serta menjaga kepadatan tulang dan gigi. Susu Ultra Milk sangat bermanfaat sebagai pelengkap nutrisi bagi tubuh. Terdapat varian full cream maupun low fat dengan pilihan berbagai varian rasa. Pilih dan konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh anda masing-masing.

Itulah beberapa tips yang dapat diaplikasikan dalam membangun pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat perlu dibentuk sedini mungkin agar menjadi kebiasaan yang baik secara terus-menerus. Mari kita bangun kebiasaan pola hidup yang sehat demi masa tua yang sehat dan kuat. Because, an ounce of prevention is worth a pound of cure!

Nurul Baiti, Pemenang Lomba Karya Tulis Ultra Milk

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT