Rabu, 09 Mar 2022 12:17 WIB

Jessica Iskandar Masih Bergejala Usai Sembuh, Bumil Rentan Kena Long COVID?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
foto jessica iskandar Jessica Iskandar. (Foto: dok. Instagram @inijedar)
Jakarta -

Aktris Jessica Iskandar telah dinyatakan negatif dari COVID-19 sejak didiagnosis pada Februari lalu. Meski sudah sembuh, ia masih tetap merasakan gejala yang menetap.

"Meski sudah negatif, tapi masih kerasa post-covid syndrome-nya. Jadi aku tuh masih suka migrain setiap hari, terus aku tuh masih muntah-muntah, suara juga masih kayak begini, sedikit batuk juga," ungkap aktris yang akrab disapa Jedar ini di akun Youtubenya.

Jedar yang saat ini sedang hamil termasuk kelompok rentan saat terinfeksi COVID-19. Sebuah penelitian menemukan ibu hamil bisa memiliki gejala yang menetap meski sudah dinyatakan negatif COVID-19.

Dalam studi oleh UC San Francisco dan UCLA yang menganalisis kondisi klinis 594 ibu hamil yang positif COVID-19, mereka menemukan pasien yang masih bergejala usai dinyatakan sembuh.

Dikutip dari laman University of California San Francisco, gejala umum yang dialami ibu hamil di antaranya batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh dan demam.

Setengah dari peserta masih mengalami gejala tiga minggu usai dinyatakan negatif dan 25 persen memiliki gejala menetap sampai delapan minggu setelah sembuh.

"Kami menemukan wanita hamil dapat memiliki gejala yang menetap," kata penulis studi Vanessa L Jacoby MD, wakil ketua penelitian di Departemen Obstetri, Ginekologi, dan Ilmu Reproduksi di UCSF.



Simak Video "Epidemiolog Tegaskan Sering Terinfeksi Covid-19 Tak Bikin Tubuh Kian Kebal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)