ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2022 13:31 WIB

Kolom

Di Balik Cerita Bersepeda

Marisa Nadhilah Husna - detikHealth
Ilustrasi Gaya Hidup Sehat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berbicara mengenai sepeda memang sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Sepeda terdiri dari pegangan dan dudukan yang dilengkapi rantai serta roda yang berputar karena kayuhan kaki manusia.

Sepeda bukan hanya identik dengan mainan anak lima tahun saja, tetapi orang dewasa pun memakainya. Secara umum, keperluannya untuk menyalurkan hobi sekaligus menjadi moda transportasi alternatif.

Banyak alasan di dalam tujuan kepergiannya, yakni bersepeda untuk berangkat sekolah, ke kantor dan meluangkan waktu luang dengan berkeliling lingkungan. Kegemaran bersepeda kemudian menarik perhatian banyak orang untuk membeli sepeda.

Realita di dunia nyata, jalan-jalan dengan sepeda ada yang sendirian, bersama keluarga ataupun beriringan dengan teman sepermainan. Walaupun ciri khas tiap orang itu berbeda, namun sama-sama mengasyikan. Bermula mengumpulkan niat dan kemauan untuk keluar dari zona nyaman itu mengantarkan orang menggunakan sepeda.

Memang benar terdapat tantangan yang diawali anak kecil menggunakan sepeda roda empat terlebih dahulu. Pembelajaran dilanjut pindah ke roda dua, seperti layaknya motor roda dua. Proses tersebut ternyata sudah dipupuk sedari lama dan terbukti ampuh tidak bosan selama mengisi waktu luang dengan mengendarai sepeda. Maka beruntungnya memiliki sepeda di setiap rumah dalam menorehkan kenangan terindah selama hidup di dunia.

Sejalan dengan itu, upaya selama mengayuh sepeda ternyata mempunyai arti yang amat besar. Adapun mengemudikan sepeda akan jelas perbedaannya dengan penggunaan motor. Aspek utamanya dapat dilihat tidak adanya gas buang yang berbahaya dari sepeda. Artinya penggunaan sepeda bisa mendukung udara bersih.

Terlebih, penghematan pun diperoleh karena tidak perlu kita membeli bensin. Hal itu dikarenakan cukup menggoes secara manual, roda otomatis bisa berputar. Selain itu, bersepeda juga lebih seru dan nyaman dibandingkan jalan kaki di pagi hari.

Pastinya, perasaan itu dimiliki oleh insan yang menyukai sepeda. Tidak berhenti disitu saja, pesepeda akan memberikan motivasi ke warga sekitar untuk hidup sehat. Pedagang keliling atau komunitas yang sedang mengitari lingkungan dengan sepeda akan menjadi keunikan tersendiri.

Aktivitas selama sepedaan, berlatih menjaga keseimbangan serta bisa diikuti bernyanyi dan mendengarkan musik favorit yang di setel selama perjalanan. Berolahraga, menghibur diri dan tujuan perjalanan tidak terasa bisa dilalui. Mengingat cuaca cerah menjadi waktu yang tepat memulai petualangan dengan sepeda, baik di lokasi terdekat yang menyusuri tanjakan dan turunan. Ulasan tersebutlah yang membedakan sensasi pada sepeda statis fitness yang hanya bisa berdiam di ruang gym saja. Keunggulan sepeda dengan berkeliling di luar ruangan dengan jarak yang diinginkan menjadi nilai lebih. Intinya sepedaan dapat membuat badan menjadi lebih bugar, segar dan tegar menghadapi aktivitas keseharian kita. Kondisi badan yang ideal akan mudah didapat karena membakar lemak.

Selanjutnya manfaat yang terakhir yaitu motorik dari anggota tubuh saat menggoes akan bergerak aktif. Tugas kaki yang mengayuh, tangan yang memegang setang dan pikiran fokus dalam perjalanan membuat hati senang. Maka kesehatan fisik dan mental keduanya dapat dipenuhi secara bersamaan.

Rutin bersepeda membuat badan sehat dan berkonsentrasi di tengah kesibukan. Namun ternyata masih ada yang perlu kita lengkapi, yakni membawa bekal di tas. Minuman yang bergizi seperti susu menjadi salah satu komponen penting bagi pesepeda untuk menghilangkan dahaga saat lelah melanda. Punggung pegal, kaki terkapar dan leher jadi terasa haus menjadi tandanya. Produk Ultra Milk menjadi rahasia kita dalam mendukung aktivitas olahraga sehari-hari. Maka pada istirahat bersepeda, minum Ultra Milk membuat tulang menjadi tambah kuat dan energi yang didapat makin banyak.

Bukan hanya itu, Ultra Milk ini mempunyai macam rasa mulai dari rasa full cream, cokelat, strawberry, taro, mocca dan karamel, siap menemanimu dengan berbagai ukuran. Konsumsi Ultra Milk dapat dikombinasikan sebagai campuran bekal makanan sereal kita.

Dengan demikian, kebutuhan sehat kita bisa didapatkan dengan cara rajin olahraga bersepeda dan minum Ultra Milk. Kesadaran akan kesehatan pun meningkatkan angka harapan hidup dan kualitas masyarakat Indonesia menjadi produktif dan inovatif. Pilihan sehat yang telah diceritakan menjadi kisah idaman demi mengubah kebiasaan kita menjadi lebih baik lagi.

Marisa Nadhilah Husna, Pemenang Favorit Lomba Karya Tulis Ultra Milk

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT