ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2022 15:40 WIB

Omicron Menggila, Kenali 6 Ciri-Ciri Paru-Paru Bermasalah Sebelum Terlambat!

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment. ciri-ciri paru-paru bermasalah (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)
Jakarta -

Kenali ciri-ciri paru-paru bermasalah sebelum terlambat. Mungkin tidak disadari bahwa manusia mengambil napas 25.000 kali dalam sehari. Setiap napas yang diambil membantu mengantarkan oksigen dari paru-paru ke aliran darah. Namun, ada kalanya kinerja paru-paru menjadi terganggu.

Jumlah pengidap penyakit paru-paru semakin meningkat. Terlebih saat ini sedang terjadi pandemi COVID-19 varian Omicron yang menyerang paru-paru bagian bawah. Hal ini menjadi peringatan bahwa penting untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Biasanya, ciri-ciri paru-paru bermasalah dapat menyerupai pilek atau alergi, jadi tetap waspada terhadap beberapa gejala dirasakan. Penyakit pada paru-paru tidak bisa disepelekan, mengingat keberadaan organ ini sangat vital bagi manusia. Untuk itu, mendeteksi ciri-ciri paru-paru bermasalah sejak dini adalah langkah yang tepat.

Apa Saja Ciri-Ciri Paru-Paru Bermasalah?

Ciri-ciri awal penyakit paru-paru mudah diabaikan. Dengan mengetahui ciri-ciri paru-paru bermasalah sejak dini dapat membantu untuk mendapatkan perawatan sebelum kondisinya menjadi serius.

Dikutip dari Premier Health, jika menemui beberapa ciri-ciri di bawah ini, segera periksakan diri ke dokter:

1. Kesulitan bernapas atau sesak napas: Mengalami sesak napas tanpa alasan yang jelas, atau tidak hilang setelah berolahraga.

2. Merasa seperti tidak mendapatkan cukup udara: Pernapasan menjadi sulit. Ketika sulit untuk bernapas mengeluarkan atau memasukkan udara merupakan ciri-ciri paru-paru bermasalah.

3. Batuk kronis: Batuk selama lebih dari sebulan merupakan sinyal bahwa ada yang tidak beres dengan sistem pernapasan.

4. Batuk darah: Darah bisa berasal dari paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas, yang menandakan ada masalah kesehatan.

5. Produksi lendir kronis: Lendir merupakan sistem pertahanan untuk melawan infeksi atau iritasi. Tetapi peningkatan produksi lendir selama lebih dari sebulan bisa mengindikasikan penyakit paru-paru.

6. Nyeri dada kronis: Nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan yang berlangsung selama lebih dari sebulan, dan semakin memburuk saat sedang menarik napas atau batuk, adalah ciri-ciri paru-paru bermasalah.

Polusi udara dan bahan-bahan yang mengandung alergen dapat menimbulkan penyakit pada paru-paru. Kemudian, penggunaan tembakau juga menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri paru-paru bermasalah sejak dini.

Saksikan juga: Kulineran Asik Dilayani Robot Futuristik

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT