ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Mar 2022 09:08 WIB

Kolom

Gerakan Kesadaran untuk Mengurangi Remaja Jompo

Cella Juwita Br Regar - detikHealth
Ilustrasi Olahraga Jaga Kesehatan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kata orang kesehatan merupakan harta berharga yang harus kita jaga. Sama seperti saat kita beraktivitas, jika kita merasakan kesehatan kita menurun, maka performa kita dalam melakukan sesuatu juga berkurang.

Acap kali, kita terlalu sibuk sampai mengabaikan kesehatan diri kita sendiri. Alasan sederhananya 'Ah masih muda, masih kuat kok' atau 'Santai aja lagi emang langsung sakit, engga kan?'.

Sebagai anak muda yang mempunyai semangat kerja yang tinggi dalam melakukan sesuatu, aku selalu mencari cara agar tubuhku siap dan sigap setiap saat. Tapi, percaya nggak sih kalau saat ini ada banyak penghalang anak muda dalam kesehatannya? Salah satunya kita melihat tren yaitu remaja jompo. Karena kemudahan yang kita dapatkan sehingga kurangnya rasa kesadaran kita untuk bergerak alias mager.

Kata mager menjadi hal yang tak lepas dari kita yang ingin semua serba instan. Belum lagi makanan-makanan yang kita makan sangat asal-asalan, sehingga membuat kesehatan kita menurun. Atau bahkan kita terlalu banyak waktu untuk menatap layar gawai kita untuk melihat sesuatu hal yang menghibur kita.

Tanpa sadar, kita sendiri yang membuat pertahanan tubuh kita untuk kesehatan menurun. Apakah kita siap jika di umur yang masih sangat muda kita akan merasakan sakit-sakitan dan hanya bisa terbaring di tempat tidur? Tapi tenang, ada banyak juga kok cara untuk membuat kadar remaja jompo berkurang atau bahkan nggak ada sama sekali.

Kita tahu pertama kali yang kita lakukan adalah kesadaran kita akan kesehatan kita. Kita tahu bahwa kesehatan itu merupakan harta yang sangat berharga sehingga kita harus menjaga 'harta' tersebut. Kalau kita tidak merawat 'harta' tersebut sedari dini, maka kita akan siap-siap tak menikmati masa muda kita saat ini.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah sadar bahwa makan makanan yang baik itu mendukung performa tubuhmu. Kamu membutuhkan sayur mayur serta lauk pauk agar kebutuhan protein kamu terpenuhi.

Untuk karbohidrat, kamu bisa menakarnya sepertiga dari piring kamu. Jadi di dalam sebuah piring ada sepertiga sayur mayur, sepertiga lauk pauk, serta sepertiga karbohidrat. Dengan begitu, kamu turut membantu untuk meningkatkan performa tubuhmu.

Ingat, tambahkan buah sebagai penutup dari makanan tersebut. Kurangi makan-makanan manis maupun terlalu asin agar menjauhi kita dari penyakit. Percayalah, kamu akan berterima kasih kepada dirimu suatu saat nanti jika kamu melakukannya sejak dini.

Langkah kedua, kamu harus sadar bahwa pola tidur itu sangat mendukung kesehatan seseorang. Biasanya jadwal tidur orang dewasa itu sekitar 6-8 jam. Dengan istirahat yang cukup di malam hari, kamu akan merasa segar untuk beraktivitas di pagi harinya.

Mungkin, yang menjadi permasalahan dalam pola tidur adalah intensitas memegang gawai sebelum tidur. Kamu bisa membatasi penggunaan gawai sebelum tidur agar kamu bisa tidur tepat waktu. Aku pernah menonton sebuah kartun di mana saat dia susah tidur, dia meminum segelas susu lalu tertidur. Bagiku, segelas susu sebelum tidur membuatku tidur lebih lelap dan pagi hari aku menjadi lebih siap untuk beraktivitas.

Kemudian, langkah ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat kamu lakukan untuk mengeluarkan hormon endorfin yang mengurangi rasa sakit serta membuat kamu merasakan energi positif.

Dengan berolahraga, kamu juga bisa merasa bahagia. Sebab olahraga membuatmu mengeluarkan hormon dopamine untuk kamu merasa bahagia. Olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan adalah berlari di komplek rumah atau jogging sebelum berangkat kerja. Kamu juga bisa berolahraga di dalam rumah. Misalnya, kini ada banyak inspirasi olahraga di dalam rumah yang bisa kamu dapatkan di internet dan bisa ditiru, contohnya yoga. Manfaat berolahraga juga membuat tubuh kamu bergerak sehingga mengurangi pegal-pegal deh!

Dengan ketiga langkah tersebut kamu turut serta mengurangi gerakan remaja jompo. Niat dan kepedulian terhadap diri sendiri merupakan kunci utama loh, agar kesehatan kamu tidak menurut.

Ohya, berhubung sekarang virus sedang merajalela, kamu harus rajin menggunakan masker serta menggantinya dalam beberapa jam sekali ya! Kamu juga harus meminum beberapa vitamin untuk menunjang imun tubuh dan jangan lupa juga untuk menikmati sinar matahari sebisa mungkin. Berjemur sekitar 10-20 menit sudah sangat cukup. Karena kita sadar masa depan ada di tangan kita.

Ambil pilihan sehatmu! Jangan lupa untuk minum susu agar stamina kamu terjaga. Ultra Milk memiliki kebaikan protein, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan stamina dan melengkapi nutrisi pada tubuhmu. Semangat sehat!

Cella Juwita Br Regar, Pemenang Favorit Lomba Karya Tulis Ultra Milk

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT