ADVERTISEMENT

Jumat, 11 Mar 2022 10:27 WIB

Kolom

Bijaksana dalam Memilih Pola Hidup Sehat bagi Keluarga

Nabila Intan Shurullah - detikHealth
Ilustrasi Olahraga Jaga Kesehatan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Keluarga adalah hal utama yang harus dijaga, baik dari sisi kesehatan fisik, mental, asupan, dan lainnya. Peran orang tua sangat penting untuk tetap memantau pola hidup setiap anggota keluarganya, menyeimbangkan aktivitas dan asupan gizi setiap harinya.

Apalagi di tengah pandemi seperti ini, banyak ibu atau orang tua yang khawatir dengan bahan makanan atau sesuatu yang berasal dari luar rumah mereka. Karena dalam situasi ini menentukan makanan yang bersih dan sehat terasa susah dan tidak bisa ditebak.

Kebanyakan dari kita memesan beberapa bahan atau makanan secara daring. Banyak yang sudah aware dengan melakukan UV terlebih dahulu atau di disinfektan. Tapi ada pula yang masih kurang peduli, sehingga sebagai keluarga akan lebih baik jika saling mengingatkan untuk mensterilkan barang dari luar terlebih dahulu agar bakteri, debu, dan kotoran lain yang menempel lenyap.

Sebagai keluarga pintar, perlu untuk mengetahui update berita kesehatan yang dirilis oleh pemerintah, agar kita tetap mematuhi regulasi yang ditetapkan pemerintah dan melakukan tindakan pencegahan apabila terjadi kondisi tertentu. Memantau produktivitas dan asupan keluarga, seperti suami dan anak terasa sangat penting di situasi seperti ini.

Banyak dari kita yang masih memilih pedoman makan banyak, asalkan sehat dan senang. Hal ini tidak disalahkan jika sudah sesuai dengan kondisi tubuh dan kalori yang masing-masing anggota keluarga anda butuhkan. Sehingga pentingnya orang tua dalam mengelola menu makanan sehari-hari agar anak dan suami tetap fokus belajar dan bekerja.

Cukup dengan mengonsumsi protein, karbohidrat yang cukup, susu dan air putih secukupnya. Setiap kali kita melakukan pekerjaan di rumah saja terasa jenuh dan mudah lelah, terkadang sendi tubuh dan punggung terasa kaku karena terlalu lama duduk atau rebahan. Hal ini dapat mempengaruhi risiko beragam penyakit, seperti susah buang air besar, obesitas, nyeri di sekujur tubuh terutama sendi, akibat dari kurang gerak maka gangguan pernapasan mulai muncul, dan gejala-gejala lainnya.

Tentunya, setiap keluarga tidak ingin keluarganya menderita atau pun kesakitan saat sedang menjalani aktivitas mereka di rumah. Sehingga ada beberapa aktivitas yang mereka lakukan di sela-sela kegiatan agar tetap sehat dan tidak mudah lelah.

1. Melakukan olahraga di pagi hari. Bisa dimulai dengan pemanasan, kemudian lari kecil di tempat atau yoga setengah jam agar sirkulasi oksigen dalam tubuh bisa lancar, peredaran darah juga lancar dan bisa fokus seharian.

2. Awali dengan sarapan secukupnya dan tidak berlebihan. Atau tidak langsung makanan berat meskipun jam 7 hingga 9 pagi merupakan jam kerja lambung yang baik untuk sistem pencernaan. Bisa dengan mengawali dengan meminum susu, jus, sehelai roti atau sereal kemudian selang beberapa jam bisa makan protein atau karbohidrat sesuai dengan kebutuhan kalori harian keluarga anda.

Begitu pula dengan makan siang dan makan malam. Berbagai menu makanan sehat yang rendah kolesterol dan kaya akan protein, serat dan vitamin sudah bisa dapatkan dengan mudah. Seperti membuka resep digital, melihat video di YouTube atau beberapa unggahan di Instagram.

3. Saat melakukan aktivitas seperti belajar dan bekerja di depan layar yang dapat dengan mudah membuat mata kering dan punggung kaku. Sesekali kita dapat meregangkan tubuh, minum beberapa gelas air putih atau konsumsi makanan manis secukupnya.

4. Memastikan keluarga anda melakukan aktivitas atau hobi yang mereka sukai, baik dilakukan bersama keluarga maupun mereka lakukan sendiri-sendiri. Memang benar dengan mengerjakan segala sesuatu di rumah, kita dapat terus bertemu dengan keluarga, tapi quality time secara menyenangkan yang membangun kebersamaan dan keharmonisan keluarga juga sangat penting sesekali dilakukan.

5. Sebaiknya mengawali jam tidur agar bisa lebih awal bangun di pagi hari. Pola tidur yang lebih sering tidur larut bahkan dini hari membuat metabolisme tubuh akan rusak dan tidak terkontrol. Karena hal ini juga dapat memicu penyakit jantung, stroke, dan menurunkan kekebalan tubuh.

Sehingga akan lebih baik jika kelima rekomendasi diatas diterapkan secara rutin bersama keluarga yang anda cintai. Menerapkan pola hidup sehat sejak dini secara tidak langsung akan dicontoh anak dan memiliki kesadaran bahwa sangat penting menjaga kesehatan agar mempermudah keseharian mereka dan bisa bersama keluarga mereka lebih lama.

Nabila Intan Shurullah, Pemenang Favorit Lomba Karya Tulis Ultra Milk



Simak Video "AS Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin JYNNEOS untuk Monkeypox"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT