Jumat, 11 Mar 2022 10:40 WIB

Asal-usul COVID-19 Makin Terungkap, Studi Lacak Virus di Satu Toko Hewan

Firdaus Anwar - detikHealth
Tim peneliti WHO mendatangi Wuhan,China, untuk selidiki asal-usul virus Corona. Salah satu lokasi yang ddatangi tim peneliti WHO adalah Pasar Baishazhou. Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Jakarta -

Sampai saat ini masih belum diketahui pasti dari mana munculnya virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19. Satu teori menyebut kemungkinan virus berasal dari hewan yang dijual di pasar Huanan di kota Wuhan, China, tapi ada juga yang mencurigai COVID-19 berasal dari kebocoran laboratorium.

Terkait hal tersebut, dua studi terbaru yang dipublikasikan pada bulan Februari lalu semakin mengungkap dari mana sumber virus COVID-19. Peneliti yang memeriksa pola kasus awal COVID-19 di pasar Wuhan dan genetik virus menempatkan perhatian khususnya pada satu toko hewan.

Toko yang dicurigai dilaporkan memiliki konsentrasi sampel virus SARS-COV-2 terbanyak. Peneliti mengatakan toko berada pada seksi pasar yang menjual hewan anjing rakun (Nyctereutes procyonoides), babi batang (Arctonyx albogularis), dan rubah merah (Vulpes vulpes). Semua hewan tersebut diketahui rentan terhadap virus.

"Ketika bukti-bukti ini dilihat secara seksama, tampak gambaran jelas bahwa pandemi bermula dari pasar Huanan," kata ahli biologi evolusi University of Arizona yang terlibat dalam studi, Michael Worobey, seperti dikutip dari New York Times, Jumat (11/3/2022).

Peneliti mengakui kekurangan dari studi mereka adalah tidak bisa mengkonfirmasi hewan apa yang jadi sumber SARS-COV-2. Peneliti tidak bisa mendapatkan sampel spesifik dari hewan yang dijual saat awal kemunculan penyakit karena polisi sudah menutup pasar dan melakukan disinfeksi. Tidak ada hewan hidup dari pasar yang tersisa.



Simak Video "Studi AS: Virus Covid-19 Mampu Menyerang Pusat Kognitif Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)