ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Mar 2022 08:47 WIB

Kolom

Jaga Jantung, Jaga Kehidupan

Ferani Aristy - detikHealth
Ilustrasi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Perubahan gaya hidup modern yang semakin tidak sehat berkaitan erat dengan meningkatnya jumlah kasus penyakit jantung. Peningkatan ini terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bagi mereka yang hidup dengan penyakit jantung, mengelola faktor-faktor risiko, seperti tekanan darah, berat badan, serta tingkat kolesterol darah adalah hal yang penting.

Penyakit jantung atau cardiovascular disease adalah kondisi gangguan kesehatan yang mempengaruhi organ jantung dan pembuluh darah. Beberapa jenis gangguan yang termasuk sebagai penyakit jantung adalah aterosklerosis (penumpukan plak pada pembuluh darah), penyakit jantung koroner (penumpukan plak pada pembuluh darah arteri di jantung), serangan jantung, dan stroke.

Data dari World Health Organization menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab dari 37% kematian yang terjadi di Indonesia. Penting sekali untuk mengelola faktor risiko, terutama bagi para penderita penyakit jantung. Faktor-faktor risiko dari penyakit jantung harus dijaga dalam batas normal agar tidak menyebabkan gangguan lebih lanjut.

Guna mengelola faktor faktor risiko tersebut, perubahan gaya hidup yang lebih sehat penting dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh mereka yang hidup dengan sakit jantung, sekaligus untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Batasi Asupan Lemak Jenuh

Lemak jenuh umum ditemukan pada produk hewani, minyak kelapa, dan minyak sawit. Membatasi asupan lemak jenuh penting untuk menjaga kadar kolesterol. Sebab, tingginya kadar kolesterol jahat dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang berbaikan dengan serangan jantung dan stroke. Untuk membatasi asupan lemak jenuh, batasi konsumsi daging merah dan pilihlah produk susu rendah lemak.

2. Pilih Minyak yang Tepat

Selain itu, memilih jenis minyak untuk memasak dan cara memasak juga penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Tahukah Anda? Minyak kelapa dan minyak sawit yang umum digunakan untuk memasak sesungguhnya memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Apalagi jika digunakan untuk menggoreng, minyak yang terserap pada makanan pastinya tidak sedikit.

Untuk menggantikannya, Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil dapat menjadi pilihan yang lebih sehat. Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil dibuat dengan minyak dari buah zaitun pilihan, 100% pure extra virgin olive oil, mengandung tinggi vitamin E, dan rendah lemak jenuh. Sehingga baik untuk menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung.

Tak lupa, sangat disarankan memasak dengan cara menumis atau memanggang agar tidak menyebabkan banyaknya minyak terserap ke dalam makanan. Pastikan juga Anda rutin berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. Lakukan pemeriksaan rutin serta konsumsi obat sesuai anjuran dokter jika diperlukan.

3. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat berperan penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga penting untuk mengonsumsi cukup serat setiap harinya. Sumber serat yang dapat menjadi pilihan antara lain buah, sayur, oat, beras merah, dan biji-bijian utuh. Berdasarkan tumpeng gizi seimbang, disarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak 2-3 porsi dan sayuran sebanyak 3-5 porsi setiap harinya.

4. Rutin Berolahraga dan menjaga Berat Badan

Olahraga rutin dan menjaga berat badan dalam kisaran normal penting dalam penanganan penyakit jantung. Bagi mereka yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan akan berdampak positif untuk tekanan darah dan kadar kolesterol. Olahraga rutin tak hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan, tapi juga untuk menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, kondisi gangguan jantung dapat dikendalikan dan kesehatan jantung dapat dijaga. Jangan lupa juga untuk menggunakan Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil untuk memasak agar santapan jadi lebih sehat.

Ferani Aristy, Pemenang Favorit Lomba Karya Tulis Ultra Milk

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT