Waspada Gagal Ginjal Kronis, Ini Ciri Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

ADVERTISEMENT

Waspada Gagal Ginjal Kronis, Ini Ciri Penyakit Ginjal dan Pengobatannya

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Selasa, 15 Mar 2022 13:30 WIB
Ilustrasi ginjal
Ciri penyakit ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ben-Schonewille)
Jakarta -

Penting untuk mengetahui ciri penyakit ginjal sejak dini. Ginjal yang sehat adalah kunci untuk memiliki tubuh yang sehat. Hal ini karena ginjal bertanggung jawab untuk menyaring zat yang tidak dibutuhkan tubuh, kelebihan air, dan kotoran lainnya agar keluar dari darah. Racun ini disimpan di kantung kemih, dan kemudian dikeluarkan saat buang air kecil.

Ginjal juga berperan mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Selain itu, ginjal menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal bahkan mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium.

Namun, ada kalanya ginjal mengalami masalah dan tidak berfungsi dengan semestinya. Jika dibiarkan, maka akan berdampak fatal bagi tubuh. Oleh karena itu, ketahui ciri penyakit ginjal sedari dini. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Ciri Penyakit Ginjal: Keluhan dan Gejala

Dikutip dari Healthline, gejala penyakit ginjal dapat didiagnosis dengan menjalani tes darah atau urin. Hasil tes tersebut menunjukkan apakah ada masalah dengan ginjal atau tidak.

Selain itu, ciri penyakit ginjal yang biasa dikeluhkan antara lain:

  • Kelelahan
  • Pergelangan kaki, kaki atau tangan bengkak
  • Sesak napas
  • Ada darah di urin

Segera periksakan diri ke dokter jika merasakan gejala seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Apa Saja Jenis Penyakit Ginjal?

Setelah tahu apa saja ciri penyakit ginjal, sekarang saatnya mengetahui apa saja jenis penyakit ginjal yang harus diwaspadai.

1. Penyakit gagal ginjal

Biasanya, penyakit ginjal yang sering dialami oleh banyak orang adalah gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis adalah kondisi jangka panjang yang tidak akan pulih seutuhnya. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi ginjal karena dapat meningkatkan tekanan pada glomerulus. Glomerulus adalah pembuluh darah kecil di ginjal tempat darah dibersihkan. Dengan adanya peningkatan tekanan darah, maka dapat merusak bagian ini dan fungsi ginjal mulai menurun.

Fungsi ginjal pada akhirnya akan memburuk sampai pada titik di mana ginjal tidak dapat lagi melakukan tugasnya dengan baik. Dalam hal ini, seseorang perlu menjalani dialisis. Dialisis menyaring cairan ekstra dan limbah dari darah. Dialisis dapat membantu mengobati penyakit ginjal, tetapi tidak dapat menyembuhkannya. Transplantasi ginjal mungkin merupakan pilihan terbaik.

2. Batu ginjal

Batu ginjal adalah masalah pada ginjal lainnya. Penyakit ini terjadi ketika mineral dan zat lain dalam darah mengkristal di ginjal, membentuk massa padat (batu). Batu ginjal biasanya keluar dari tubuh saat buang air kecil. Memiliki batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi kondisi ini jarang menyebabkan masalah yang signifikan.

3. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis adalah peradangan pada glomerulus. Glomerulus adalah struktur yang sangat kecil di dalam ginjal yang menyaring darah. Glomerulonefritis dapat disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, atau kelainan bawaan. Seringkali, penyakit ini akan menjadi lebih baik dengan sendirinya.

4. Penyakit ginjal polikistik

Penyakit ginjal polikistik adalah kelainan genetik yang menyebabkan banyak kista (kantung kecil yang berisi cairan) tumbuh di ginjal. Kista ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

5. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri di setiap bagian dari sistem kemih. Penyakit ini sebenarnya mudah diobati dan jarang menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan. Namun, jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Ginjal?

Dengan mengetahui ciri penyakit ginjal, maka sudah saatnya tahu cara pengobatannya. Pengobatan untuk penyakit ginjal biasanya berfokus pada pengendalian penyebab penyakit tersebut. Dokter akan membantu untuk mengelola tekanan darah, gula darah, dan kadar kolesterol dengan lebih baik.

Selain itu, mengubah pola makan juga tidak kalah penting. Mengadopsi gaya hidup sehat dapat membantu mencegah banyak penyebab penyakit ginjal. Dokter akan menyarankan agar:

  • Selalu mengontrol diabetes melalui suntikan insulin
  • Mengurangi makanan tinggi kolesterol
  • Mengurangi garam
  • Makan buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak
  • Batasi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Menurunkan berat badan

Ciri penyakit ginjal perlu diketahui sejak dini, agar dapat ditangani dengan baik.



Simak Video "Cerita Pilu Orang Tua Korban Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT