Penting! Ini Perbedaan Masker Medis dan Non Medis yang Perlu Diketahui

ADVERTISEMENT

Penting! Ini Perbedaan Masker Medis dan Non Medis yang Perlu Diketahui

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 15 Mar 2022 14:23 WIB
Hand leave disposable medical mask into infected trash bin
Perbedaan masker medis dan non medis (Foto: Getty Images/iStockphoto/Birdlkportfolio)
Jakarta -

Perbedaan masker medis dan non medis menjadi suatu informasi yang penting diketahui. Pasalnya, selain menjaga jarak dan kebersihan, masker merupakan salah satu upaya pencegahan penularan atau penyebaran COVID-19.

Sayangnya, belakangan ini banyak masker non medis yang diklaim sebagai masker medis. Padahal, kedua jenis masker tersebut berbeda.

"Yang disebut sebagai tidak sesuai dengan peruntukannya adalah misalnya masker itu sebenarnya bukan masker alat kesehatan tetapi diklaim sebagai masker alat kesehatan," kata Plt Dirjen Farmalkes, drg Arianti Anaya, MKM, dalam konferensi pers April lalu.

Perbedaan Masker Medis dan Non Medis

Lalu, bagaimana mengetahui perbedaan masker medis dan non medis? Dikutip dari laman Farmalkes Kemenkes, Selasa (15/3/2022), simak informasi berikut.

Masker Medis

Masker medis atau bedah merupakan masker yang memiliki setidaknya tiga lapisan bermaterial bukan tenunan sintesis.

Desain masker medis dirancang dan dikonfigurasi agar lapisan filtrasi dapat diapit di bagian tengah. Selain itu, masker medis juga memiliki sejumlah level ketahanan terhadap cairan dan filterasi.

Itu sebabnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang lanjut usia (berusia 60 tahun ke atas) dan pengidap komorbid untuk selalu mengenakan masker medis dalam beraktivitas sehari-hari agar bisa menghindari risiko tertularnya penyakit.

Masker Non Medis

Sedangkan masker non medis tak dirancang untuk bisa menutup rapat wajah seperti masker medis. Meskipun secara manfaat, masker ini bisa membantu membatasi penyebaran tetesan dan ludah (droplet) saat bersin atau batuk.

Begitu juga dengan material yang digunakan berupa kain, tentunya sangat berbeda dari bahan yang digunakan pada masker bersertifikat.

Masker non medis memiliki sifat yang tak dapat menyaring virus, itu sebabnya masker ini harus dicuci langsung secara bersih setiap kali digunakan.

Perbedaan Masker Medis dan Non Medis: Ini Cara Mengenalinya

1. Tes Visual

Perbedaan masker medis dan non medis dapat dilihat dari lapisannya. Cobalah untuk melihat apakah masker tersebut memiliki 3 lapisan atau tidak dengan cara merobeknya.

Apabila memiliki 3 lapisan di dalamnya, pastikan lapisan tersebut terdiri dari kepingan Translucent (atas), lapisan putih (tengah), dan kepingan berwarna (Hijau, Biru, atau bahkan Putih).

2. Uji Air

Masker medis tak hanya berfungsi melindungi diri dari serangan virus atau cipratan (droplet) orang lain, tetapi juga berguna untuk melindungi orang lain. Itu sebabnya perbedaan masker medis dan non medis bisa dilihat dari desain tahan air.

Untuk memastikan masker tahan air atau tidak, cobalah untuk melipat masker sampai bagian luarnya membentuk corong, kemudian tuangkan air ke dalamnya.

3. Uji Bakar

Sekalipun masker medis memiliki 3 lapis, pastikan lapisan tengahnya adalah masker, bukan kertas.

Bisa dipastikan dengan cara membakar masker dengan api untuk melihat apakah filter tersebut terbakar atau tidak. Sebab, filter pada masker medis umumnya tak terbakar.

Jadi, perbedaan masker medis dan non medis perlu diketahui guys, sebagai cara pencegahan COVID-19.



Simak Video "KuTips: Cara Bedakan Masker Bedah Asli vs Palsu!"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT