Selasa, 15 Mar 2022 15:29 WIB

Cegah Komplikasi, Kenali Gejala Batu Ginjal Sebelum Terlambat

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Female doctor touches virtual Bladder and Kidneys in hand. Blurred photo, handrawn human organ, highlighted red as symbol of disease. Healthcare hospital service concept stock photo Batu ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri)
Jakarta -

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Pola makan, kelebihan berat badan, kondisi medis tertentu, serta penggunaan suplemen atau obat-obatan tertentu adalah beberapa di antara banyak penyebab batu ginjal.

Batu ginjal dapat memengaruhi setiap bagian di saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kantung kemih. Seringkali, 'batu' tersebut dapat terbentuk ketika urin menjadi pekat, sehingga mineral akan menjadi mengkristal dan saling menempel.

Mengidap batu ginjal sangat tidak enak, tetapi batu ginjal biasanya tidak akan menyebabkan kerusakan permanen jika dikenali sedari dini. Cukup hanya dengan minum obat pereda nyeri dan minum banyak air putih untuk mengeluarkan batu ginjal. Dalam beberapa kasus, misalnya jika batu ginjal tersangkut di saluran kemih, atau menyebabkan komplikasi, maka diperlukan pembedahan sesegera mungkin.

Kenali Gejala Batu Ginjal Sedini Mungkin

Dikutip dari Mayo Clinic, batu ginjal biasanya tidak akan menimbulkan gejala sampai batu tersebut bergerak ke dalam ginjal atau masuk ke ureter, saluran yang menghubungkan ginjal dan kantung kemih. Jika tersangkut di ureter, maka batu ginjal bisa menghalangi aliran urin dan menyebabkan ginjal menjadi membengkak. Pada saat itu, seseorang akan mengalami gejala berikut ini:

  • Sakit parah dan menusuk di punggung dan di bawah tulang rusuk
  • Nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan selangkangan
  • Rasa sakit yang datang secara berkala
  • Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil

Tanda dan gejala lainnya antara lain:

  • Urine berwarna merah muda, merah atau coklat
  • Urine terlihat lebih keruh atau berbau busuk
  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya atau buang air kecil dalam jumlah sedikit
  • Mual dan muntah
  • Demam dan kedinginan jika ada infeksi

Rasa sakit yang disebabkan oleh batu ginjal bisa saja berubah. Misalnya, berpindah ke lokasi yang berbeda atau meningkat intensitasnya saat batu bergerak melalui saluran kemih.

Apa Penyebab Batu Ginjal?

Batu ginjal bisa terbentuk ketika urin mengandung banyak zat pembentuk kristal, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat. Zat pembentuk kristal ini jumlahnya sangat banyak dan tidak dapat diencerkan oleh cairan dalam urin. Pada saat yang sama, urin juga kekurangan zat yang mencegah kristal saling menempel, sehingga menciptakan kondisi yang ideal untuk pembentukan batu ginjal.



Simak Video "Awal Mula Fransiska Mantap Donorkan Ginjal untuk Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)