Penyebab Saraf Kejepit, Dialami Raffi Ahmad Hingga Harus Dioperasi

ADVERTISEMENT

Penyebab Saraf Kejepit, Dialami Raffi Ahmad Hingga Harus Dioperasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 17 Mar 2022 09:18 WIB
Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit.
Raffi Ahmad saraf kejepit. (Foto: YouTube)
Jakarta -

Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh sakit di bagian pinggangnya. Setelah dilakukan sejumlah pemeriksaan, Raffi Ahmad mengalami saraf kejepit.

"Tadi sudah saya lihat MRI-nya. Ini sarafnya mas Raffi memang ada bantalan yang menonjol. Ini lah yang menekan saraf mas Raffi, jadi yang bikin sakit ya memang bantalan ini," ucap dokter yang menangani suami Nagita Slavina itu.

Umumnya, rasa sakit akibat saraf terjepit bisa reda dengan sendirinya dengan cara pengobatan mandiri. Tapi, dalam beberapa kasus, dibutuhkan bantuan medis untuk mengobati saraf terjepit.

Dikutip dari laman Primaya Hospital, saraf terjepit bisa terjadi di beberapa area tubuh.

Tonjolan bantalan sendi di tulang pinggang misalnya, dapat memberi tekanan pada saraf sehingga menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke tungkai bawah. Saraf yang terjepit di pergelangan tangan juga dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di telapak tangan dan jari yang dinamakan sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel syndrome.

Penyebab Saraf Terjepit

Saraf terjepit terjadi ketika ada terlalu banyak tekanan (kompresi) pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Jaringan ini dapat berupa tulang atau tulang rawan, otot maupun tendon.

Sejumlah kondisi lain yang dapat menyebabkan jaringan menekan saraf, di antaranya:

  • Cedera
  • Rematik atau radang sendi pergelangan tangan
  • Tekanan dari kegiatan yang berulang
  • Olahraga
  • Kegemukan

Saraf terjepit yang ringan dapat diobati sendiri di rumah dengan mengistirahatkan area tubuh yang terkena, minum obat pereda nyeri, dan memberikan kompres. Namun jika gejala yang dialami tak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter.



Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT