Jumat, 18 Mar 2022 10:30 WIB

Penting! 3 Cara Mudah Cegah Kerusakan Paru di Masa Pandemi COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Menjaga kesehatan paru sangat penting di masa pandemi COVID-19. Tidak jarang pasien Corona mengalami perburukan di paru saat terinfeksi penyakit ini.

Ada berbagai cara untuk meminimalisir dan mencegah kerusakan pada paru-paru. Berikut tiga cara mudah mencegah kerusakan paru menurut spesialis paru dan pernapasan RS Pondok Indah dr Amira Anwar.

1. Disiplin prokes

Dalam keterangannya, dr Amira mengatakan agar tak mengalami masalah paru karena COVID-19, hindari kemungkinan terpapar virus patuh protokol kesehatan, khususnya pengidap komorbid.

"Seseorang dengan komorbid sebaiknya sebisa mungkin mengelola dengan baik masalah kesehatannya. Jaga kadar gula darah agar tetap terkontrol dan rutin meminum obat," katanya dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (18/3/2022).

2. Konsumsi makanan yang sehat

Jalani gaya hidup sehat dengan pola makan tepat dan konsumsi air yang cukup.Tetap konsumsi makanan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan imunitas secara keseluruhan.

Hidrasi yang tepat dapat mempertahankan volume darah dan selaput lendir yang sehat dalam sistem pernapasan. Hal ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan kerusakan jaringan dengan lebih baik.

3. Hindari merokok!

Hindari merokok, rokok elektrik, atau paparan terhadap asap rokok dan polusi udara. Merokok baik rokok konvensional atau elektrik bisa memperbesar risiko kerusakan pada paru.



Simak Video "Wujud CT Scan Toraks 0-14 Hari Saat Terinfeksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)