ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 12:01 WIB

Malaysia Sudah Bersiap, RI Kapan Masuk Transisi Endemi COVID-19 Pak Menkes?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes RI Budi Gunadi Sadikin (Foto: Nafilah/detikHealth)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban memprediksi tiga bulan lagi Indonesia memasuki fase endemi. Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, ada banyak pertimbangan Indonesia memasuki fase endemi.

"Endemi itu pertimbangannya nggak hanya kesehatan tetapi juga politik budaya kita udah mengalami pandemi kan sudah lebih dari 10 kali sejak abad 13, 14, selalu perubahannya, itu pertimbangannya banyak," tutur Menkes saat ditemui di agenda Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia, Jumat (18/3/2022).

"Dan yang kedua kita dari sisi kesehatan sudah memberi masukan ke Bapak Presiden skenario seperti apa, kita ingin kalau bisa indikator transmisi yang WHO itu level 1, itu 6 bulan berturut-turut kita usulkan," sambung dia.

Ia melanjutkan, berdasarkan masukan para epidemiolog, angka production rate atau angka reproduksi COVID-19 setidaknya sudah berada di bawah 1 selama enam bulan berturut-turut. Diikuti dengan vaksinasi COVID-19 lengkap yang sudah mencapai target sasaran.

"Kita kasih catatan sedikit endemi itu nggak berarti virusnya hilang loh, virusnya tetap ada cuma penularannya terkendali, begitu juga dengan perawatannya," lanjutnya, mengingatkan endemi bukan berarti bebas COVID-19.

Budi menekankan saat memasuki fase endemi, penting untuk nantinya masyarakat sudah memahami bagaimana menangani penyakit COVID-19 dan sadar atas risiko kesehatan masing-masing.

"Yang penting adalah budaya masyarakatnya sudah paham bagaimana menangani penyakit itu sendiri tanpa dipaksa oleh pemerintah, itu penting," pungkas dia.



Simak Video "Avigan dan Molnupiravir Jadi Obat Covid-19 Rekomendasi Ahli Kedokteran"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT