Jumat, 18 Mar 2022 12:18 WIB

Jenazah Tangmo Nida Akan Jalani Autopsi, Begini Prosedurnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tangmo Nida Tangmo Nida. (Foto: Instagram @melonp.official)
Jakarta -

Kematian aktris asal Thailand, Tangmo Nida, masih menjadi misteri. Setelah sebelumnya akan dikremasi, pihak keluarga memutuskan untuk melakukan autopsi pada jenazahnya untuk mencari tahu penyebab kematian.

Jenazah aktris tersebut dipindahkan dari Institut Kedokteran Forensik Rumah Sakit Umum Polisi ke kampus Universitas Rangsit Rumah Sakit Thammasat, menunggu lampu hijau dari Institut Pusat Ilmu Forensik (CIFS) untuk penyelidikan medis lain guna menghilangkan keraguan publik.

Diberitakan Bangkok Post, permintaan autopsi ulang dilakukan untuk memastikan kejadian sesungguhnya pada sang aktris, termasuk luka bakar di dada, kondisi gigi dan kepala, serta luka dalam di pahanya.

Bagaimana proses autopsi dilakukan?

Dikutip dari WebMD, autopsi adalah prosedur yang dilakukan untuk membedah jenazah secara mendetail untuk mencari tahu penyebab meninggal. Dokter akan memeriksa bagian tubuh luar dan dalam dan mengumpulkan serta menguji cairan tubuh jenazah seperti darah.

Selama prosedur, tubuh orang yang meninggal dibuka dan organ dikeluarkan untuk diperiksa. Diagnosis kadang-kadang dapat dibuat dengan melihat organ-organnya.

Autopsi biasanya memakan waktu 1-2 jam. Tapi dalam kasus lain, ada yang harus menunggu pemeriksaan laboratorium hingga berhari-hari.



Simak Video "3 Temuan dari Hasil Autopsi Pemuda yang Wafat Usai Vaksin AstraZeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)