Jumat, 18 Mar 2022 17:47 WIB

Pengobatan Rumahan Ini Efektif Atasi Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Sakit perut (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta -

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan, atau dispepsia. Sakit perut adalah penyakit yang sangat umum. Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, dan seringkali gejalanya dapat diobati menggunakan pengobatan rumahan.

Dikutip dari Medical News Today, gejala umum sakit perut dan gangguan pencernaan adalah mulas, asam lambung, mual, kembung, sering bersendawa, dan bau mulut atau nafas asam. Ada pilihan alternatif untuk ringankan sakit, yaitu pengobatan rumahan yang terbuat dari bahan alami.

Pengobatan Rumahan yang Efektif Atasi Sakit Perut

Beberapa pengobatan rumah yang paling populer untuk atasi sakit perut dan gangguan pencernaan antara lain:

1. Air Putih

Dehidrasi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya sakit perut. Tubuh membutuhkan air untuk mencerna serta menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat sistem pencernaan menjadi kurang efektif, sehingga meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Untuk atasi sakit perut, sangat direkomendasikan agar:

  • Minum sekitar 2,7 liter air sehari untuk wanita
  • Minum sekitar 3,7 liter air sehari untuk pria

Sekitar 20 persen cairan diantaranya berasal dari makanan, dan sisanya dari minuman. Bagi kebanyakan orang, dianjurkan minum 8 gelas air atau lebih dalam sehari. Untuk anak-anak sendiri membutuhkan lebih sedikit air daripada orang dewasa.

Bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi dengan sangat cepat sehingga orang dengan gejala ini harus tetap minum air.

2. Jahe

Jahe adalah obat alami yang bisa atasi sakit perut dan gangguan pencernaan. Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaol yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut.

Ini dapat memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat. Bahan kimia dalam jahe juga dapat membantu mengurangi mual, muntah, dan diare.

Orang yang mengalami sakit perut dapat mencoba menambahkan jahe ke makanan mereka atau meminumnya sebagai teh.

3. Mint

Selain melegakan napas, mentol dalam mint dapat membantu gejala sakit perut, seperti:

  • Mencegah muntah dan diare
  • Mengurangi kejang otot di usus
  • Menghilangkan rasa sakit

Peneliti telah menemukan bahwa mint telah dijadikan bahan pengobatan tradisional untuk gangguan pencernaan, gas, dan diare di Iran, Pakistan, dan India.

Daun mint mentah dan matang sama-sama cocok untuk dikonsumsi. Secara tradisional, orang sering merebus daun mint dengan kapulaga untuk dijadikan teh. Disarankan juga untuk membuat bubuk atau jus daun mint dan mencampurnya dengan teh, minuman, atau makanan lain.

4. Perasan jeruk nipis atau lemon, dan soda kue

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mencampurkan air jeruk nipis atau lemon yang ditambahkan dengan soda kue dapat membantu meredakan berbagai keluhan pencernaan.

Campuran ini menghasilkan asam karbonat, yang dapat membantu mengurangi gas dan atasi sakit perut. Campuran ini juga dapat meningkatkan sekresi hati dan mobilitas usus. Keasaman dan nutrisi lain dalam air jeruk nipis atau lemon dapat membantu mencerna dan menyerap lemak dan alkohol sekaligus menetralkan asam empedu, serta mengurangi keasaman di perut.

Untuk meringankan sakit perut, direkomendasikan untuk mencampur bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sendok makan (sdm) jus lemon atau jeruk nipis segar
  • 1 sendok teh (sdt) soda kue
  • 250 mililiter (ml) air putih


Simak Video "Aksi 'Colak-colek' Anak Bikin Resah "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)