ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Mar 2022 17:30 WIB

Netizen Ribut soal Pak Ribut, Edukasi Seks Dini Vs Konten Vulgar

Firdaus Anwar - detikHealth
Pak Ribut saat menunjukkan video utuh yang dia ambil dan diunggah sebagian di TikTok kemudian viral. netizen ribut soal pak ribut, edukasi seks vs konten vulgar (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Jakarta -

Nama Pak Ribut menjadi viral setelah beredar videonya yang membahas homoseksualitas pada anak SD. Pria yang bernama lengkap Ribut Santoso dan berprofesi sebagai guru di daerah Lumajang, Jawa Timur, tersebut mengaku sebenarnya tak bermaksud membicarakan topik seksualitas.

"Saat itu sedang ujian mata pelajaran agama. Bu Ita guru agama sedang cuti. Saya ya menggantikan. Tiba-tiba sebelum saya mengambil video itu anak-anak tanya, Pak Ribut kaum Sodom itu apa? Otomatis sebagai guru saya menjelaskan," ujar Pak Ribut kepada detikJatim pada Jumat (25/3/2022).

"Saya tidak bermaksud menjelaskan persoalan seks kepada peserta didik, tapi memberikan penjelasan tentang soal ujian PTS yang ditanyakan siswa," lanjutnya.

Di media sosial video Pak Ribut menjadi topik perbincangan netizen. Sebagian mendukung Pak Ribut karena sudah berusaha mengenalkan pendidikan seks dini, namun ada juga yang mengkritiknya karena mengangkat topik seksual yang vulgar untuk anak.

Peneliti HIV Prevention Trials Network (HTPN) Indonesia Profesor Zubairi Djoerban turut mengomentari kasus Pak Ribut. Profesor Zubairi yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengaku tersentuh dengan kedekatan Pak Ribut dengan muridnya.

"Tersentuh hati saya melihat hubungan yang dekat antara Pak Ribut dengan siswa-siswinya. Seperti lihat gambaran keluarga yang cair, spontan, dan komunikatif. Sangat dekat. Terima kasih untuk keunikan dan ketulusannya Pak Ribut. Inspiratif," ujar Prof Zubairi lewat akun Twitternya.



Simak Video "KuTips: Tips Pilih Konten Edukasi Seks di Internet Ala dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT