Senin, 28 Mar 2022 12:54 WIB

Diduga Mengandung Bahan Pemicu Kanker, Pfizer Tarik Obat Hipertensi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi obat Ilustrasi obat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pfizer menarik sejumlah obat hipertensi atau darah tinggi. Setidaknya ada tiga merek obat hipertensi yang ditarik dari peredaran.

Obat tersebut adalah Accuretic dan dua versi generiknya yang didistribusikan oleh Greenstone. Obat dengan kandungan quinapril HCI/hydrochlorothiazide itu akan ditarik kembali dari peredaran.

Penarikan tersebut bersifat sukarela dan dilakukan terhadap tablet yang mengandung nitrosamin tingkat tinggi. Kandungan nitrosamin diketahui bersifat karsinogenik yang dapat meningkatkan atau menimbulkan risiko kanker.

"Nitrosamin umum dalam air dan makanan, termasuk daging yang diawetkan dan dipanggang, produk susu dan sayuran. Setiap orang terpapar nitrosamin dalam tingkat tertentu. Senyawa ini dapat meningkatkan risiko kanker jika orang terpapar di atas tingkat yang dapat diterima dalam jangka waktu yang lama," kata Pfizer dalam keterangan tertulis dikutip dari CNN, Senin (28/3/2022).

Pfizer mengatakan bahwa nitrosamin merupakan senyawa yang 'tidak sengaja' muncul dalam obat. Nitrosamin menjadi reaksi kimia dari bahan-bahan tertentu yang digunakan dalam produksi obat.

Meski demikian, pihaknya tidak mendengar ada laporan efek samping dari penggunaan obat tersebut. Obatnya diklaim aman selama lebih dari 20 tahun.

Pfizer juga merekomendasikan agar pasien yang mengonsumsi obat yang disebutkan di atas untuk berkonsultasi dengan dokter dan mencari alternatif pilihan lainnya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hipertensi Tak Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)