Selasa, 29 Mar 2022 17:52 WIB

Ibu Menyesal Lahirkan Bayi dan Tanda-tanda Lain Post-partum Depression

Nada Celesta - detikHealth
Jakarta -

Merawat bayi yang baru lahir memang bukan perkara mudah. Seringkali, karena kewalahan merawat bayi, ibu bisa mengalami post-partum depression atau depresi pasca melahirkan.

Hal ini merupakan suatu keadaan depresi sedang atau berat yang dialami seseorang setelah melahirkan bayi. Kondisi ini tentu bisa mengganggu banyak aspek kehidupan ibu, termasuk relasinya dengan orang sekitar.

Umumnya, post-partum depression bertahan hingga kurang lebih 1 tahun lamanya setelah proses kelahiran. Namun, jika tak tertangani, keadaan ini bisa membesar menjadi diagnosa gangguan yang lain.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog menjelaskan beberapa tanda yang menunjukkan kemungkinan ibu mengalami post-partum depression. Meski ia tak menyarankan untuk melakukan diagnosa mandiri, ia menekankan bahwa tetap penting untuk mengidentifikasi tanda-tandanya.

Beberapa tanda yang bisa diidentifikasi adalah berkurangnya minat ibu terhadap berbagai macam hal. Hal ini bahkan bisa juga terjadi saat ibu tidak sedang sibuk mengurus anak.

"Misalnya, tadinya tuh dia senang makan, dia senang ngobrol, dia mungkin senang menjahit, atau membaca, namun kemudian dia tidak lagi berminat untuk hal-hal tersebut," jelas Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog di acara e-Life detikcom.

Nafsu makan ibu juga perlu diperhatikan. Menurut psikolog yang akrab disapa Nina ini, ketika ibu tidak lagi menikmati makanan dan jadi malas makan, bisa saja ibu sedang mengalami post-partum depression.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah motivasi ibu yang menurun, sulit tidur, merasa tidak berharga, dan sulit konsentrasi. Menurut Nina, keluhan sulit konsentrasi adalah salah satu yang paling sering ditemui.

Pada beberapa kasus, post-partum depression juga mempengaruhi hubungan ibu dengan orang lain. Ibu bisa merasa tidak tertarik pada bayinya, dan enggan berinteraksi dengan suami.

"Bahkan pada beberapa ibu, itu kadang menyesal dan menyalahkan bayinya. Nah, kalau terkait dengan hubungan dengan suami, seringkali yang dikeluhkan adalah tidak tertarik untuk berhubungan seks, dan juga malas untuk berinteraksi dengan suaminya," jelas Nina.

(mjt/mjt)