Mau Booster Jadi Galau, Vaksin COVID-19 Ganggu Menstruasi? Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Mau Booster Jadi Galau, Vaksin COVID-19 Ganggu Menstruasi? Ini Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 30 Mar 2022 05:30 WIB
Ilustrasi menstruasi
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina79
Jakarta -

Banyak orang yang khawatir, terutama wanita bahwa vaksin COVID-19 bisa mempengaruhi siklus menstruasi menjadi berantakan, seperti datangnya lebih lambat, lebih cepat, atau volume haid yang lebih banyak dan sedikit. Informasi tentang hal ini sempat beredar luas beberapa waktu yang lalu.

Bahkan gara-gara hal tersebut, jadi banyak masyarakat yang segan untuk mendapatkan vaksinasi. Lantas, apakah benar vaksin COVID-19 menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur?

Menurut Prof Dr dr Hendy Hendarto, SpOG(K), Ketua Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia (PERFITRI), vaksin COVID-19 belum tentu mempengaruhi siklus menstruasi.

Pasalnya, bisa saja seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur akibat dari stres, pola makan, hingga pola hidup yang buruk.

Sebab, menurutnya, menstruasi atau haid itu sangat sensitif. Apabila ada seorang wanita yang mengalami stres, bisa saja menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur.

"Apakah benar vaksin berpengaruh pada siklus haid? Belum tentu jawabannya karena masih perlu diteliti lebih lanjut. Jangan-jangan karena stres dengan kondisi COVID dan lain-lainnya, mungkin bukan karena vaksinnya," tutur dr Hendy.

Selain itu, dr Hendy juga mengungkapkan apabila berbicara terkait vaksin bisa mengganggu siklus menstruasi harus ada statement atau riset yang kuat untuk membuktikannya.

"Haid itu sangat kompleks, mulai dari pengaruh sistem otak, kemudian sistem di indung telur, hormonnya yang berpengaruh dan kemudian di dalam rahimnya," ucapnya.

"Ada pengaruh di otak saja, itu sudah akan menyebabkan kerusakan (siklus haid) dari pola," pungkasnya lagi.



Simak Video "7 Kombinasi Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT