ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Apr 2022 07:00 WIB

Sebentar Lagi Ramadan, Ini Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat

Sponsored - detikHealth
Kesehatan keluarga. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ramadan sudah di depan mata. Untuk menyambut aktivitas puasa sebulan penuh dengan tubuh yang sehat, diperlukan serangkaian persiapan, salah satunya memastikan asupan nutrisi dan menyesuaikan pola makan.

Sebagaimana kita tahu, nutrisi yang buruk dapat menyebabkan berkurangnya kekebalan tubuh hingga membuat tubuh rentan sakit. Hal ini pun bisa mengganggu perkembangan fisik dan mental, serta menurunkan produktivitas.

Padahal, tubuh memerlukan ekstra energi untuk dapat beraktivitas seperti biasa di bulan Ramadan. Supaya dapat menjalankan puasa dengan tubuh yang sehat nantinya, yuk simak beberapa tips jaga pola hidup dan makan yang sehat jelang Ramadan yang dilansir dari beberapa sumber berikut:

Perhatikan Pola Tidur

Pola istirahat kita mau tak mau berubah karena rutinitas yang berbeda di bulan Ramadan, yakni harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dengan membiasakan tidur lebih awal

Kurang tidur tidak hanya akan membuat tubuh jadi lelah. Tapi juga dapat mempengaruhi nafsu makan, kondisi tubuh, bahkan mengganggu kinerja otak.

Batasi Makanan Manis

Konsumsi makanan manis mengandung gula memang dibutuhkan selama puasa, agar tubuh dapat memenuhi kebutuhan energi yang hilang. Namun, konsumsinya juga perlu dibatasi agar tidak berlebihan.

Kebanyakan konsumsi makanan manis mengandung gula dapat membuat kita cepat kenyang dan tidak nafsu memakan makanan lainnya. Jika tidak makan dengan seimbang, daya tahan tubuh pun akan menurun dan Anda malah harus menjalani puasa dengan tubuh yang lemas.

Jaga Hidrasi Tubuh dengan Perbanyak Minum Air Putih

Meski tidak bisa makan dan minum selama berpuasa, bukan berarti Anda boleh mengurangi konsumsi air putih di sepanjang bulan Ramadan. Anda tetap bisa menghidrasi tubuh dengan menyesuaikan waktu minum selama bulan Ramadan, misalnya 1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sebelum makan sahur, 1 gelas setelah makan sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas sebelum makan berbuka, 1 gelas sesudah makan, 1 gelas setelah isya/tarawih, dan 1 gelas lagi sebelum tidur.

Dengan menjaga hidrasi tubuh, Anda dapat terhindar dari risiko kelelahan, haus, mulut kering, bahkan sakit kepala yang bisa muncul akibat dehidrasi. Pastikan Anda menghidrasi tubuh dengan memperbanyak minum air putih, bukan sekadar memenuhi cairan tubuh dengan minuman berkafein atau minuman manis yang kurang baik bagi tubuh.

Perbanyak Makan Buah, Sayur, dan Makanan Berprotein

Untuk bantu mempersiapkan diri dalam menjalankan puasa Ramadan, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Misalnya, memperbanyak makan buah dan sayur yang kaya serat untuk melancarkan pencernaan. Apalagi makanan berserat tinggi bantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, konsumsi protein juga penting karena kalori dari protein bantu mengelola rasa lapar Anda dan dapat mengurangi nafsu makan secara signifikan. Protein juga bantu Anda menjaga massa otot meski sedang berpuasa.

Konsumsi Vitamin

Puasa bisa membuat kekurangan nutrisi penting bagi tubuh. Sebab, tubuh mengkonsumsi lebih sedikit kalori dari biasanya. Oleh karena itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi penting dalam tubuh dengan konsumsi vitamin.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin juga bisa bantu Anda menjaga sistem kekebalan tubuh. Terlebih puasa tahun ini masih diliputi kondisi pandemi yang mewajibkan Anda menjaga kesehatan dengan ekstra. Vitamin memang bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur sehari-hari. Adapun salah satu vitamin yang bisa Anda konsumsi ialah Samcemin dari Samco Farma. Vitamin dengan kandungan vitamin C sebanyak 100 mg ini bantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian dan juga aman untuk lambung.

Selain itu, ada juga Multivitamin Samcorbex C yang di dalamnya memiliki berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C 500 mg dan B complex yang dapat berfungsi menjaga daya tahan tubuh serta membantu mengembalikan kondisi tubuh pascasakit. Tak hanya itu, Samcorbex juga mengandung tambahan mineral seperti kalsium yang menyehatkan tulang. Multivitamin yang satu ini dapat dikonsumsi sekali sehari saat sahur untuk menjaga kesehatan kita selama puasa seharian.

Ada juga Multivitamin Horvita G. dengan kandungan ginseng, royal jelly, vitamin A, vitamin B Complex, vitamin C dan vitamin E yang punya berbagai manfaat. Mulai dari bantu menambah nafsu makan, meningkatkan kesehatan, meningkatkan energi akibat kelelahan, dan memulihkan kesehatan setelah sakit.

Adapun kandungan mineral dari multivitamin Samcorbex dan Horvita G ini juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas. Terakhir, ada juga obat lambung Samtacid yang bisa diandalkan para penderita maag. Setelah 15 menit mengonsumsi obat lambung ini, Anda pun bisa dengan tenang mengkonsumsi berbagai multivitamin pilihan Anda.

Samco FarmaFoto: dok. Samco Farma

Dengan konsumsi berbagai vitamin dan mineral di atas, Anda dapat lebih siap menjalani puasa sebulan penuh dengan tubuh yang sehat. Suplemen vitamin dan mineral ini bisa jadi pilihan jika Anda tidak mampu mencukupi kebutuhan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebagai informasi, deretan suplemen multivitamin di atas bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Semuanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma, antara lain PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Yuk pastikan gaya hidup tetap sehat dan nutrisi baik terpenuhi dalam menyambut Ramadan yang suci ini. Dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, serta konsumsi suplemen multivitamin, Anda bisa bantu jaga daya tahan tubuh untuk jalani puasa Ramadan dengan sehat dan aktif sepanjang hari.



Simak Video "WHO: 35 Ribu Kasus Cacar Monyet Terlapor dari 92 Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Samco Farma)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT