Jumat, 01 Apr 2022 10:05 WIB

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Ilustrasi menyusui atau menggendong bayi Tips puasa bagi ibu menyusui (Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic)
Jakarta -

Banyak ibu menyusui yang bingung untuk ikut berpuasa atau tidak saat Ramadan. Namun, menurut dr Melisa Lilisari dokter spesialis anak di Bamed, aman-aman saja berpuasa asalkan memperhatikan tips puasa bagi ibu menyusui.

Beragam faktor yang menjadi poin penting saat ibu menyusui puasa salah satunya termasuk nutrisi yang diterima ibu menyusui.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Agar ASI tetap lancar, berikut tips puasa bagi ibu menyusui yang bisa detikers ikuti.

1. Ibu Menyusui Butuh 3 Liter Air Sehari

Tips puasa bagi ibu hamil yang pertama adalah asupan cairan harus lebih banyak dari ibu hamil, karena ibu menyusui akan mengeluarkan ASI untuk bayinya.

Mengeluarkan ASI tanpa memiliki cairan tubuh yang cukup bisa menyebabkan dehidrasi. Walaupun, dehidrasi sedang tidak mengurangi kuantitas ASI.

"Kalo ASI yang perlu dihasilkan 600 sampai 900 mililiter sehari, ibunya membutuhkan 3 liter air minum sehari. Itu diplotnya saat sahur buka puasa, dan setelah berbuka puasa," jelas dr Melisa di sesi sharing media virtual 'Siap Hadapi Ramadhan untuk Keluarga Indonesia' Kamis (31/03/2022).

2. Perhatikan Nutrisi Ibu Menyusui

Selain asupan mineral, ibu menyusui juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang akan tubuhnya terima. Terutama kebutuhan kalori, lemak, dan protein yang harus dicukupi.

Ibu menyusui wajib mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan.

3. Perhatikan Usia Bayi

Tips puasa bagi ibu menyusui selanjutnya adalah memperhatikan usia bayinya. Apabila usia bayi kurang dari enam bulan dan masih membutuhkan asi eksklusif, perlu melakukan konsultasi dahulu ke dokter.

4. Hindari Aktivitas Berlebih dan Cuaca panas

Cuaca panas dan aktivitas yang berlebih bisa membuat ibu menyusui cepat lelah saat berpuasa. Ditambah dengan harus memberikan ASI pada bayinya juga dapat menguras tenaga si ibu.

Sehingga, ibu menyusui perlu memperhatikan aktivitas harian yang ia jalankan agar bisa memutuskan berpuasa atau tidak.

5. Perhatikan Kondisi Tubuh Ibu Menyusui

Selain mencukupi asupan nutrisi dan mineral, tips puasa bagi ibu menyusui yang terakhir adalah memperhatikan kondisi tubuhnya. Apabila sedang tidak enak badan atau mengidap penyakit tertentu lebih baik langsung konsultasi ke dokter dan fokus untuk penyembuhan terlebih dahulu.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)