Minggu, 03 Apr 2022 08:30 WIB

5 Tips Tetap Sehat saat Puasa Agar Kuat Seharian, Bye-bye Badan Loyo!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
beautiful muslim woman open her palm and pray before eating Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Sejumlah tips tetap sehat saat puasa belakangan ini kerap dicari oleh sejumlah masyarakat. Mengingat menjalani ibadah puasa di masa pandemi ini memang bukanlah hal yang mudah.

Selain harus kuat menahan lapar dan haus kurang lebih 12 jam, perlu juga memastikan tubuh tetap sehat agar terhindar dari penyakit, virus, dan patogen lainnya. Itu mengapa penting menjaga tubuh sebaik mungkin selama bulan puasa.

Tips Tetap Sehat saat Puasa

Dikutip dari Healthline, Jumat (4/1/2022), berikut tips tetap sehat saat puasa yang bisa dicoba di rumah agar tutup tetap sehat dan kuat.

1. Banyak Minum Air Putih

Tips tetap sehat saat puasa yang pertama usahakan banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Pasalnya, sebagian besar tubuh terdiri dari air dan akan lebih rentan mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala. Untuk itu pastikan tetap minum cukup cairan pada saat berbuka puasa hingga sahur.

dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, membeberkan tips mengatur minum agar kebutuhan 8 gelas air per hari bisa terpenuhi di bulan puasa, yaitu:

  • Dua gelas pada waktu berbuka
  • Dua gelas pada waktu setelah shalat tarawih
  • Dua gelas sebelum tidur
  • Dua gelas pada waktu sahur
  • "Kita bisa ganti pada waktu berbuka, kita minum mungkin dua gelas, setelah shalat tarawih bisa dua gelas, kemudian malam sebelum tidur bisa dua gelas, sama pada waktu sahur. Jadi bisa kita kerjakan sesuai aturannya," tutur dr Aru saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

2. Makan yang Berserat

Agar tetap sehat dan kuat selama puasa, sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat dan tinggi protein. Sebab, makanan ini dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengimbangi beberapa efek samping saat puasa, seperti pusing dan lainnya.

3. Hindari Makan Banyak Saat Berbuka

Tips tetap sehat saat berpuasa berikutnya, usahakan hindari makan banyak ketika berbuka puasa. Pasalnya, ini dapat menyebabkan seseorang merasa mual, kembung, hingga lelah.

Usahakan juga berbuka puasa dengan makanan yang ringan-ringan, seperti air putih, kurma, dan makanan lainnya, baru melanjutkan makan besar usai salat.

4. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu tips tetap sehat saat berpuasa. Akan tetapi, pastikan melakukan olahraga yang ringan-ringan untuk menghindari rasa kelelahan dan dehidrasi akibat olahraga.

Adapun beberapa olahraga dengan intensitas rendah antara lain, jalan kaki, yoga ringan, bersepeda santai. Selain itu, sebaiknya olahraga dilakukan menjelang berbuka puasa agar tubuh tidak lelah.

5. Konsumsi Suplemen

Tips tetap sehat saat berpuasa berikutnya, yaitu mengkonsumsi suplemen, seperti vitamin dan lainnya. Ini berguna bagi tubuh lantaran berpuasa memungkinkan seseorang kehilangan nutrisi penting.

Pasalnya, selama berpuasa, seseorang hanya mengkonsumsi lebih sedikit kalori sehingga kebutuhan nutrisi sulit terpenuhi.

Selain itu, vitamin juga dapat menjaga daya tahan tubuh untuk terhindar dari infeksi, khususnya selama puasa di tengah pandemi COVID-19.



Simak Video "Ini Kesalahan Buka Puasa yang Bikin Badan Jadi Gemuk"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)