Syarat Lengkap Mudik Lebaran 2022, Belum Booster Tetap Boleh?

ADVERTISEMENT

Syarat Lengkap Mudik Lebaran 2022, Belum Booster Tetap Boleh?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Senin, 04 Apr 2022 06:40 WIB
Stasiun Pasar Senen ramai didatangi penumpang kereta menjelang Ramadan. Tak sedikit di antaranya mudik lebih awal untuk melaksanakan puasa di kampung halaman.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menjelang mudik Lebaran 2022, pemerintah mengeluarkan aturan lengkap ketentuan perjalanan dalam negeri. Aturan lengkap mudik terbaru ini telah menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, bahwa masyarakat yang sudah booster boleh mudik.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan lebih lanjut, bahwa penyesuaian kebijakan dalam SE ini dengan penuh pertimbangan. Salah satunya, Kementerian Perhubungan memperkirakan aktivitas mudik akan meningkatkan tren mobilitas antar daerah. Survei Kemenhub memprediksi ada 79 juta orang yang akan melakukan mudik lebaran.

"Syarat ini untuk memastikan bahwa yang mudik dalam keadaan sehat, sudah divaksin booster. Ini sebagai bentuk mudik aman dan bertanggung jawab," beber Wiku dikutip dari laman Satgas COVID-19, Senin (4/4/2022).

Syarat mudik Lebaran

Sesuai Surat Edaran (SE) No. 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease Tahun 2019, berikut aturan lengkap mudik Lebaran 2022.

  • Bagi yang telah mendapatkan dosis ketiga atau booster, tidak wajib menunjukkan hasil negatif PRC atau antigen sebagai syarat perjalanan;
  • Pelaku perjalanan dengan vaksinasi dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen 1x24 jam atau hasil tes PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;
  • Pelaku perjalanan dengan vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif PCR minimal 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.
  • Pelaku perjalanan dengan kondisi khusus atau penyakit komorbid yang tidak bisa divaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang hasilnya diambil 3x24 jam sebelum berangkat.

Sementara, untuk anak usia kurang dari 6 tahun tidak diberlakukan testing, namun wajib didampingi pendamping perjalanan yang sudah memenuhi syarat testing dan vaksinasi. Bagi anak berusia 6-17 tahun mengikuti aturan vaksinasi dan testing PPDN umum.

BACA JUGA



Simak Video "Vaksinasi Booster Jadi Syarat Mudik, Sudah Berapa Capaiannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT