Senin, 04 Apr 2022 15:23 WIB

Omicron Terkendali, Menkes Ungkap Sinyal COVID-19 RI Masuk Fase Endemi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pemerintah menyebut Indonesia akan menghadapi gelombang varian Omicron baru. Peningkatan kasus Omicron disebut lebih cepat berkembang ketimbang COVID-19 varian Delta. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan varian Omicron BA.2 pemicu peningkatan kasus COVID-19 di sejumlah negara sudah masuk Indonesia, tetapi tak terlihat tren kenaikan seperti yang terjadi di Hong Kong hingga China imbas varian tersebut.

Karenanya, pemerintah percaya diri melonggarkan pembatasan COVID-19 di bulan Ramadan. Pertama kalinya selama dua tahun, Indonesia juga kembali mengizinkan mudik Lebaran dengan sejumlah syarat.

"Pemerintah merasa yakin bahwa kita bisa lebih melakukan aktivitas secara lebih bebas," beber Menkes sembari menekankan perlunya peningkatan vaksinasi booster, Senin (4/4/2022).

Bersiap Transisi ke Endemi

Lebih lanjut, Budi mengungkap ciri-ciri Indonesia nantinya sudah siap bertransisi menuju endemi COVID-19.

"Kondisi COVID-19 di masyarakat makin menyadari bahwa tanggung jawab kesehatan pandemi ini ada di tangan kita masing-masing," terangnya.

"Selama masyarakat semakin siap menyadari apa yang akan dilakukan menghadapi pandemi ini, itu akan menunjukkan bahwa kita siap bertransisi dari pandemi menjadi endemi nanti," pungkas dia.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)