5 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Agar Ramadan Lancar

ADVERTISEMENT

5 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Agar Ramadan Lancar

Tasya Kania Azzahra - detikHealth
Kamis, 07 Apr 2022 03:57 WIB
Cute and lovely pregnant Muslim woman and her Muslim friend, spending the time together on a city street.
Tips puasa lancar bagi ibu hamil. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Untuk ibu hamil yang ingin melakukan puasa perlu mengikuti tips puasa untuk ibu hamil sesuai dengan anjuran dokter.

Selain itu, ibu hamil yang ingin berpuasa juga harus memiliki kondisi tubuh yang fit dan bugar. Sehingga, bumil perlu mengetahui tips puasa untuk ibu hamil agar tetap fit.

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Nah, menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr Muhammad Fadli, SpOG ada beberapa persiapan berpuasa untuk ibu hamil yang harus diikuti.

1. Minum Air 2,5 liter per Hari

Saat berpuasa tentunya harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Jika, tidak memiliki cairan yang cukup dalam tubuh bisa mengakibatkan dehidrasi. Pada ibu hamil, dehidrasi juga bisa menjadi risiko kehamilan.

"Kalo kekurangan air (dehidrasi) bisa menyebabkan kontraksi dan air ketuban menjadi sedikit," kata dr Fadli saat sesi sharing media virtual 'Siap Hadapi Ramadhan untuk Keluarga Indonesia' Kamis (31/03/2022).

Sehingga, ibu hamil harus banyak minum di waktu berbuka puasa, sahur, dan malah setelah sholat tarawih.

2. Jangan Lupa Sahur

Tips puasa untuk ibu hamil yang kedua adalah untuk tidak melupakan sahur, karena ibu hamil perlu nutrisi yang cukup untuk calon bayi dalam kandungannya. Apabila melupakan sahur, nutrisi apa yang akan diserap bayi dalam kandungan?

Untuk ibu hamil puasa atau tidak puasa juga harus mengkonsumsi makanan bergizi seperti protein tinggi dan vitamin yang memang diperbolehkan oleh dokter kandungan.

3. Hindari Makanan yang Terlalu Manis

Agar puasa tetap lancar, tips puasa untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menghindari makanan dengan gula tinggi dan juga kafein, karena dengan makan makanan manis dapat menyebabkan gula naik secara cepat dan gula darah dalam tubuh ibu hamil akan berkurang secara drastis dan menyebabkan lemas.

Tidak hanya itu makanan manis juga bisa menyebabkan risiko terkena penyakit gula di masa kehamilan trimester kedua.

4. Jangan Stres

Ibu hamil biasanya sering dianjurkan oleh dokter kandungan untuk tidak stress atau banyak pikiran, karena stress pada ibu hamil bisa membahayakan janin juga.

Ibu hamil yang sedang berpuasa dan stress juga bisa membuat waktu tidur dan selera makan menjadi berantakan. Selain itu, bisa menyebabkan pembuluh darah dalam tumbuh menjadi sempit.

5. Lakukan Aktivitas di Dalam Ruangan

Tips berpuasa untuk ibu hamil adalah melakukan aktivitas di dalam ruangan, karena dengan melakukan aktivitas di luar ruangan ditambah cuaca yang panas bisa membuat tubuh lebih dehidrasi dan membuat ibu hamil menjadi cepat lelah.

Ibu hamil juga bisa melakukan olahraga 30 menit sehari di dalam ruangan untuk mengusir rasa bosan.

Tips berpuasa untuk ibu hamil ini wajib dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki kondisi tubuh yang fit untuk berpuasa dan perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.



Simak Video "Elon Musk: Aku Puasa Secara Berkala dan Merasa Lebih Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT