Kamis, 07 Apr 2022 10:45 WIB

Waktu yang Tepat Sikat Gigi Saat Puasa Biar Mulut Nggak Bau 'Jigong'

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Makanan yang menyebabkan bau mulut Bau mulut saat puasa. (Foto: iStock)
Jakarta -

Gigi yang sehat saat berpuasa dapat menambah kenyamanan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Sayangnya bau mulut kerap menjadi hal yang mengganggu dan sering terjadi pada saat berpuasa.

Dokter gigi dari klinik Aesthetic Pondok Indah drg Yulita Dora menjelaskan saat berpuasa, kita tidak makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan mulut menjadi kering sehingga timbul bau mulut.

Tidak makan dan minum dalam waktu lama juga membuat produksi air liur berkurang. Air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

"Untuk mencegah hal tersebut, usahakan sikat gigi secara rutin saat sahur dan sebelum tidur malam dengan pasta gigi berfluoride," kata drg Yulita dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (7/4/2022).

Disarankan juga menggunakan obat kumur yang dapat menambah rasa segar pada mulut sesaat setelah menyikat gigi.

Selain itu saat puasa sebaiknya tetap mengonsumsi sayur dan buah untuk asupan vitamin yang baik. Minum air mineral yang cukup atau setara dengan 1,5 liter per hari juga baik untuk mencegah sariawan atau masalah rongga mulut yang dapat timbul ketika berpuasa.



Simak Video "Melihat Lebih Dekat Mutasi di Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)