Pesan WHO untuk Hadapi Omicron Subvarian XE: Vaksinasi, Vaksinasi, Vaksinasi!

ADVERTISEMENT

Pesan WHO untuk Hadapi Omicron Subvarian XE: Vaksinasi, Vaksinasi, Vaksinasi!

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 07 Apr 2022 18:30 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), talks to the media regarding the coronavirus and global health priorities in 2022, during a press conference, at WHO headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Dec. 20, 2021. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Foto: Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia memberi tanggapan tentang perkembangan Omicron subvarian XE di dunia. Vaksinasi disebut masih menjadi cara paling efektif untuk menghadapinya.

Pemimpin teknis COVID-19 WHO, Maria Van Kerkhove, menjelaskan Omicron XE sendiri merupakan gabungan atau rekombinan dari Omicron subvarian BA.1 dan BA.2. Peneliti masih mencari tahu dampak mutasi yang dimiliki Omicron XE, namun temuan awal menunjukkan ada kemungkinan peningkatan kemampuan penularan dibandingkan Omicron BA.2.

"Sekitar 10 persen peningkatan transmisibilitas (laju penularan -red) dibanding BA.2... Kami masih menganalisa dengan informasi yang ada dan akan terus memantau, sama seperti yang telah kami lakukan dengan varian lain," kata Maria seperti dikutip dari situs resmi WHO, Kamis (7/4/2022).

Cara terbaik untuk menyikapi penyebaran subvarian XE dijelaskan Maria adalah masih dengan vaksinasi. Vaksin jadi cara untuk mencegah kasus sakit parah sekaligus menekan kesempatan virus untuk bermutasi lebih jauh.

"Virus ini masih bersama kita dan bersirkulasi dengan intensitas yang tinggi. Kita harus menggunakan semua cara yang sudah tersedia, seperti vaksin dan terutama vaksinasi," ungkap Maria.

"Kita harus memastikan bahwa semua orang, terlebih lagi mereka yang rentan karena lansia, punya penyakit bawaan, dan tenaga kesehatan terlindungi oleh vaksinasi di semua negara," pungkasnya.



Simak Video "Satgas Pastikan Varian Omicron XE Belum Ditemukan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT