Jumat, 08 Apr 2022 09:00 WIB

Konsultasi Kesehatan

Miss V Berdarah Usai Test Pack Positif, Apakah Tanda Keguguran Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Miss V Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya. Kalau terhitung akhir menstruasi, kandungan saya memasuki 6 minggu. Namun untuk berhubungan intim dilakukan di 3 minggu sebelum test pack garis dua (kebetulan saya LDR lama).

Posisinya adalah setelah 1 minggu test pack hasilnya positif, keluar darah, gumpalan, dan juga perut kram seperti menstruasi selama satu hari. Hari kedua hanya keluar sedikit dan di hari ketiga hanya merasakan kram perut tanpa ada pendarahan.

Di hari ke-3 pasca pendarahan, testpack saya masih positif. Apakah saya mengalami keguguran, Dok? Jika keguguran, mengapa testpack saya masih positif?

MD (wanita)

Jawaban:

Hasil test pack yang positif menunjukkan masih adanya jaringan kehamilan di dalam tubuh (rahim). Saat sedang hamil, normalnya, kita tidak mengeluarkan darah dari vagina. Namun jika ternyata keluar darah, hal ini berarti telah terjadi keguguran.

Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan USG untuk menentukan apakah kehamilan masih dapat dipertahankan atau tidak.

Jika kehamilan masih dapat dipertahankan, biasanya dokter akan memberikan obat penguat kandungan. Namun jika kehamilan tidak dapat dipertahankan, dengan pemeriksaan USG dapat menentukan tindakan selanjutnya.

dr Huthia Andriyana, SpOG
Morula IVF Margonda

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)