ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Apr 2022 07:13 WIB

Moderna Recall Ratusan Ribu Dosis Vaksin COVID-19, Lho Kenapa?

Firdaus Anwar - detikHealth
Petugas menyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis tiga kepada relawan di Graha Wana Bhaktiyasa, Yogyakarta, Selasa (30/11/2021). Sejumlah relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah D. I. Yogyakarta mengikuti vaksinasi massal Covid-19 dosis tiga di Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta. Vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau vaksin booster untuk relawan ini menggunakan vaksin moderna. Program vaksin booster diselenggara selama tiga hari. Foto ilustrasi: PIUS ERLANGGA
Jakarta -

Perusahaan farmasi Moderna melakukan recall atau penarikan kembali ratusan ribu dosis vaksin COVID-19 di Eropa. Alasannya disebut ditemukan kontaminasi elemen asing.

Dalam keterangannya, Moderna menjelaskan hanya satu vial vaksin COVID-19 dari perusahaan kontraktor Rovi yang terbukti terkontaminasi. Namun demikian Moderna tetap melakukan penarikan 764.900 dosis vaksin COVID-19 dari beberapa negara untuk berjaga-jaga.

Tidak dijelaskan lebih lanjut zat apa yang menjadi kontaminan pada vaksin tersebut.

"Dalam rangka kehati-hatian," ungkap Moderna seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (9/4/2022).

Sebelumnya Moderna juga pernah melakukan recall vaksin COVID-19 di Jepang. Saat itu vaksin ditemukan tercemar oleh bahan stainless steel.

Saksikan juga: Kisah Anissa Susanto Hidup 3 Tahun di Campervan

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT