ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Apr 2022 05:11 WIB

Cara Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat, Bisa Pakai Google Maps Lho

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Warga permukiman padat Sunter Agung antusias ikuti vaksinasi booster saat Ramadan. Diketahui, vaksin booster jadi syarat untuk warga yang hendak mudik lebaran. Lokasi vaksin booster terdekat (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Selain melalui media sosial, cara cek lokasi vaksin booster terdekat juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Mengingat kini vaksin booster atau dosis ketiga resmi menjadi syarat mudik hari libur lebaran 2022 oleh pemerintah.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran juga dipersilahkan, juga diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapat dua kali vaksin dan satu kali booster,' ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/03/2022).

Sebagai informasi, vaksin booster sudah dikick-off dari 12 Januari 2022 lalu. Berdasarkan Surat Edaran (SE) terbaru Kemenkes nomor SR.02.06/II/1188/2022, tentang Penambahan Regimen Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster). Di dalam surat tersebut, Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan 6 kombinasi booster dengan 4 jenis vaksin yang digunakan, yaitu Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Sinopharm.

Vaksin booster ini disesuaikan dengan ketersediaan vaksin masing-masing daerah dengan mengutamakan vaksin yang memiliki masa expired (ED) terdekat. Adapun syarat vaksin booster yang perlu diketahui masyarakat sebelum mendapatkannya, yaitu:

  • Usia 18 tahun ke atas (prioritas lansia dan komorbid)
  • Sudah memiliki tiket vaksin booster di PeduliLindungi
  • Jarak vaksin kedua dan ketiga minimal tiga bulan

Nah, bagi masyarakat yang ingin mencari tahu lokasi vaksin terdekat melalui Google Maps, simak informasi berikut ini.

Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat Melalui Google Maps

Sistem pencarian lokasi ini sudah menyediakan fitur untuk mencari lokasi vaksin booster terdekat. Berikut cara menggunakannya:

1. Buka Aplikasi Google Maps

Pertama, buka aplikasi Google Maps melalui Android atau IOS. Jangan lupa untuk melakukan update ke versi terbaru.

2. Ketik 'Lokasi Vaksin COVID-19' di Kolom Pencarian

Sama seperti mencari alamat, untuk mencari lokasi vaksin booster terdekat cukup ketik 'Lokasi Vaksin COVID-19' di kolom pencarian dan tunggu sampai lokasi sentra vaksinnya muncul.

3. Pilih Lokasi Vaksin Booster Terdekat

Setelah itu pilih lokasi vaksin booster terdekat agar tidak kesulitan mencarinya. Perhatikan juga tempat vaksin yang dituju karena jika ada keterangan 'Book Appointment' pengguna wajib daftar dahulu di tautan yang sudah disediakan oleh sentra vaksin setempat.

Lokasi Vaksin Booster Terdekat: Ini Efek Sampingnya

Selain tahu cara cek lokasi vaksin booster terdekat, masyarakat juga perlu tahu efek samping vaksin booster. Dikutip dari laman resmi covid19.go.id, KIPI merupakan reaksi yang mungkin terjadi pada seseorang setelah menerima vaksin COVID-19.

Meskipun tak semua orang mengalaminya, reaksi yang terjadi adalah hal yang wajar dan bersifat sementara.

Menurut hasil penelitian, vaksin booster setengah dosis menunjukkan peningkatan level antibodi yang relatif sama dengan vaksin booster dosis penuh, dan memberikan dampak KIPI yang lebih ringan. Nah, apa saja gejala yang ditimbulkan pasca vaksin booster? Dikutip dari laman Instagram @dkijakarta, berikut gejala KIPI yang bersifat ringan dan sementara:

  • Nyeri pada lengan di tempat suntikan
  • Sakit kepala/nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Menggigil
  • Mual atau muntah
  • Rasa lelah
  • Demam (ditandai dengan suhu di atas 37,8 celcius)
  • Mengalami gejala mirip flu dan menggigil selama 1-2 hari

Jadi, buat masyarakat yang kesulitan mencarinya di media sosial, bisa juga dengan bantuan Google Maps untuk mencari lokasi vaksin booster terdekat ya.



Simak Video "Kata Menkes soal Lokasi Suntik Vaksin Booster Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT