ADVERTISEMENT

Senin, 11 Apr 2022 12:16 WIB

Awas! Mata Kering Bisa Jadi Pertanda Gejala COVID-19

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
close up of woman show her red sick eye with finger Gejala mata kering COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Selain batuk, pilek, hingga hidung tersumbat, mata kering juga termasuk sebagai salah satu gejala COVID-19. Hal tersebut diketahui dari sejumlah studi yang telah diterbitkan.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (11/4/2022), para peneliti dari Chinese University of Hong Kong mengevaluasi sebanyak 228 pasien yang sudah pulih selama 1-3 bulan setelah didiagnosis COVID-19.

Berdasarkan hasil studi tersebut, ditemukan satu dari lima pasien COVID-19 mengalami kekeringan pada mata yang ditandai dengan penglihatan kabur, gatal, nyeri atau sensasi terbakar, hingga cairan yang keluar.

Selain itu, studi lain yang dipublikasikan di jurnal Ocular Surface juga menemukan hubungan antara COVID-19 dengan gangguan pada neuropati serat kecil di permukaan mata yang mengeluarkan tanda mirip dengan mata kering.

Dikutip dari Asian Journal of Media and Communication, studi ini dilakukan pada 23 pasien yang terkonfirmasi COVID-19. Peserta studi sebelumnya tak memiliki riwayat penyakit atau gangguan pada mata.

Hasilnya, 21 dari 23 pasien memperlihatkan adanya perubahan jaringan kornea yang biasa ada pada neuropati serat kecil. Sedangkan delapan orang di antaranya melaporkan mengalami gejala kekeringan pada mata.

Meskipun demikian, gejala mata kering tak selalu menandakan gejala COVID-19, bisa jadi penyakit lain yang ada pada tubuh. Salah satu cara untuk membuktikan itu gejala virus Corona atau tidak, segera lakukan tes COVID-19.



Simak Video "Satgas Covid-19: Kita Perlu Berhati-hati dalam Memaknai Akhir Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT