Senin, 11 Apr 2022 17:30 WIB

Buka Puasa Langsung Minum Kopi, Apa Bahayanya?

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Minum Kopi untuk Cegah Inflamasi Buka puasa langsung minum kopi, apa bahayanya? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Saat memasuki bulan Ramadhan, bagi para pecinta kopi tentu tak sabar menikmati minuman itu. Nah, salah satu waktu atau kesempatan yang biasa dipilih orang untuk minum kopi saat bulan puasa yakni saat waktu berbuka.

Tidak jarang, kopi dijadikan sebagai minuman pembuka yang dimasukan ke dalam perut kosong. Padahal, minum kopi dalam kondisi perut kosong dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan sebagian orang.

Lantas, efek seperti apa yang dirasakan jika mengkonsumsi kopi untuk berbuka puasa dalam kondisi perut kosong?

Minum kopi untuk buka puasa

Dikutip dari Insider, minum kopi sebelum makan atau saat perut dalam kondisi kosong, dapat berdampak negatif pada sistem pencernaan sejumlah orang. Hal ini karena kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Mengkonsumsi kopi saat perut kosong, dapat merusak lapisan perut sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan heartburn (rasa terbakar di dada). Tak hanya itu, ternyata ada beberapa efek negatif lainnya saat minum kopi dalam keadaan perut kosong.

"Minum kopi saat perut kosong dapat membuat Anda merasa gelisah, gemetar, dan efek buruk lainnya termasuk perubahan suasana hati," kata dr Adam Simon, dikutip Senin (11/4/2022).

Sementara dikutip dari Healthline, mengkonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong, bisa memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi besar atau irritable bowel syndrom (IBS).

Kopi yang diminum sesaat setelah waktu berbuka dipercaya dapat menyebabkan mulas, maag, mual, naiknya asam lambung hingga munculnya gangguan pada pencernaan karena perut dalam keadaan kosong.

Jika tetap ingin meminum kopi saat bulan puasa, pilihlah waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya. Hindari meminumnya sesaat setelah adzan magrib, tetapi isilah perut terlebih dahulu dengan makanan cukup.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(any/kna)