Selasa, 12 Apr 2022 08:38 WIB

Bercinta di Bulan Puasa, Seksolog: Jangan Ada Seks Spontan

Nada Celesta - detikHealth
Jakarta -

Selama bulan puasa, menyesuaikan waktu berhubungan seks juga bisa jadi tantangan tersendiri. Umumnya pasangan hanya punya waktu di malam hari setelah salat tarawih hingga sebelum waktu sahur untuk berhubungan seks.

Menurut Seksolog Klinis, Zoya Amirin, M.Psi., FIAS, wajar jika pasangan masih membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan hal ini. Beberapa pasangan memang bisa beradaptasi lebih cepat, tapi umumnya butuh waktu lima hari hingga satu minggu lamanya. Oleh karena itu, Zoya menyarankan untuk menunda hubungan seks pada masa-masa ini.

"Awal-awal bulan puasa itu tunda aja dulu deh hubungan seksnya. Saya nggak mau ngelarang, kenapa? Karena masih banyak perubahan. Ada orang yang bisa adjust selama tiga hari pertama, bagus. Tapi, kebanyakan orang yang nomal itu adjustmentnya butuh 5- 1 minggu," jelas Zoya di acara e-Life detikcom.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa hubungan seks bisa tetap dilakukan dengan nyaman dan tidak terburu-buru. Mengomunikasikan hal ini dengan pasangan dianggap bisa memudahkan masa penyesuaian.

"Kan masih harus mandi junub dan segala macam. Jadi, untuk bisa meregulasinya, gitu ya, supaya dua-duanya sama-sama nyaman dan sama-sama hepi, yuk, dibicarakan. Kapan waktu yang tepat? Oh mungkin kalau misalnya habis tarawih, gitu ya. Pas lagi nyantai, segala macam. Jangan sampai mengganggu, tengah malam banget, atau pada saat, beberapa saat sebelum sahur, itu terlalu hectic menurut saya," terang Zoya.

Jika terlalu banyak perubahan yang terjadi, hubungan seks bisa direncanakan layaknya kencan. Zoya juga menyarankan untuk menghindari hubungan seks yang spontan di masa-masa ini.

"Justru jangan ada seks yang spontan di saat-saat perubahan besar seperti ini. Jadi, cara meregulasikan yang paling sehat adalah dengan cara merencanakan hubungan seks ya, memberi jadwal, tapi jadwalnya supaya nggak kaku, dibilangnya, 'Jadwal kencan kita kapan, Yang?' itu akan membuat dua-duanya sama-sama hepi," katanya.

(mjt/mjt)