Jumat, 15 Apr 2022 07:00 WIB

8 Cara Ini Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi Saat Puasa

Sponsored - detikHealth
Ilustrasi Dehidrasi Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Bulan Ramadan mewajibkan umat muslim untuk berpuasa selama 30 hari penuh mulai dari Subuh hingga terbenam matahari. Saat berpuasa, umat muslim tidak bisa makan dan minum selama berjam-jam.

Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan berpotensi mengganggu aktivitas. Namun, sebenarnya ada cara agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa, loh.

Berikut beberapa cara menjaga asupan cairan agar puasamu dapat berjalan dengan lancar.

1. Makan Buah dan Sayur Saat Sahur

Mengonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Kandungan air yang ada dalam buah dan sayur dapat membantu tubuh mendapatkan kebutuhan air harian yang cukup selama puasa. Selain itu, serat dalam buah dan sayur juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan yang tinggi protein seperti daging merah, susu, dan telur membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh menunda rasa lapar. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi juga dapat membangun dan mempertahankan massa otot selama berpuasa.

3. Istirahat Cukup

Aktivitas luar ruangan yang cukup tinggi dapat membuat tubuh lelah dan berkeringat. Cairan yang keluar dari tubuh melalui keringat ini dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan. Oleh karena itu selama menjalankan puasa, disarankan untuk mengurangi aktvitas fisik di luar ruangan dan memberikan porsi istirahat yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

4. Jangan Olahraga Berlebihan

Olahraga merupakan salah satu aktivitas berat yang dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan ketika berolahraga, suhu tubuh akan meningkat dan mengeluarkan banyak keringat. Adapun waktu yang dianjurkan jika ingin berolahraga ketika berpuasa yaitu setelah berbuka atau jelang salat tarawih.

5. Hindari Makan Junk Food

Mengonsumsi makanan junk food, khususnya makanan asin dapat menyebabkan haus. Ketika mengonsumsi makanan asin, air akan ditarik dari sel-sel tubuh. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan tubuh dehidrasi.

6. Jangan Minum Kopi

Walaupun tidak menyebabkan dehidrasi, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi tetap tidak disarankan untuk sementara waktu. Efek diuretik dalam kafein dapat merangsang tubuh kehilangan cairan melalui urine.

7. Makan Yogurt

Yogurt menjadi salah satu makanan yang dapat diandalkan untuk mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Kandungan dalam yogurt dipercaya dapat membantu tubuh untuk menenangkan perut dan mencegah keasaman yang pada akhirnya dapat menghindari gejala dehidrasi.

8. Selalu Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin saat sahur juga menjadi salah satu cara agar tubuh tetap mendapatkan asupan cairan. Vitamin dapat membantu tubuh untuk mendapatkan asupan mineral yang berguna untuk mencukupi cairan harian selama berpuasa.

Untuk menunjang ibadah puasa selama Ramadan, umat Islam butuh asupan nutrisi yang baik. Pasalnya, nutrisi yang buruk dapat menyebabkan berkurangnya kekebalan tubuh, rentan sakit, penurunan produktivitas, serta mudah haus.

Adapun nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Beragam nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hingga buah-buahan seperti yang sudah disebutkan di atas. Suplemen vitamin juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi kita.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan puasa adalah vitamin C. Dengan konsumsi vitamin C, otot-otot tubuh Anda tak lagi terasa lemas dan Anda pun jadi tidak mudah sakit selama berpuasa. Mengonsumsi suplemen Samcorbex dengan kandungan vitamin C sebanyak 500 mg dan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian dan juga aman untuk lambung. Tak hanya itu, di dalam Samcorbex juga terdapat kandungan B complex yang dapat berfungsi menjaga daya tahan tubuh serta membantu mengembalikan kondisi tubuh pascasakit.

Ilustrasi DehidrasiFoto: Dok. Shutterstock

Saat ini, samcorbex bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(Content Promotion/Samco Farma)