Kamis, 14 Apr 2022 17:00 WIB

Demam Setelah Vaksin Booster? 4 Cara Ini Ampuh Mengatasinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
IPDN Kemendagri terus menggenjot vaksinasi booster diberbagai wilayah di Jawa Tengah. Kali ini digelar di lokasi wisata budaya Sam Poo Kong, Semarang. Demam setelah vaksin booster (Foto: Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Demam setelah vaksin booster umumnya dialami oleh sebagian orang. Hal ini karena tubuh bereaksi terhadap vaksin dan mulai bekerja memproduksi antibodi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) memastikan bahwa efek samping nyeri dan demam setelah vaksin booster (dosis ketiga) sebetulnya hanya bersifat sementara dan akan sembuh sendiri. Oleh karena itu, masyarakat pun tak perlu panik jika mengalami efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Efek samping ringan seperti demam dan nyeri otot atau ruam-ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar namun tetap perlu dimonitor," tulis Kemenkes dalam laman FAQ Vaksinasi COVID dan dikutip pada Kamis (14/4/2022).

Berbicara tentang demam setelah vaksin booster, bagaimana cara menghadapinya? Simak informasi berikut.

Demam Setelah Vaksin Booster

Kemenkes menyarankan agar seseorang minum lebih banyak hingga minum obat paracetamol sesuai anjuran dosis. Namun, bisa juga melakukan sejumlah hal berikut untuk mengatasi demam setelah vaksin booster, seperti dikutip dari Harvard Health Publishing.

1. Tetap Hidrasi

Ketika demam setelah vaksin booster usahakan mengkonsumsi banyak cairan demi mencegah terjadinya dehidrasi, serta membantu menurunkan suhu tubuh.

2. Konsumsi Makanan Ringan dan Mudah Dicerna

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan penuh serat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin sehat asupan gizi yang didapatkan, semakin cepat meredakan demam setelah vaksin booster.

3. Istirahat

Disarankan untuk beristirahat yang cukup dan jangan melakukan banyak aktivitas. Pasalnya, suhu tubuh akan semakin tinggi apabila seseorang melakukan banyak aktivitas dan kelelahan.

4. Jangan Kenakan Pakaian Tebal

Seseorang yang sedang demam setelah vaksin booster biasanya akan mengambil langkah untuk mengenakan pakaian tebal dan selimut. Alasannya agar cepat berkeringat dan suhu tubuhnya akan menurun. Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan lantaran bahan yang tebal justru akan mencegah keluarnya panas dari dalam tubuh.

Sebaiknya mengenakan pakaian dan selimut yang ringan agar suhu dapat cepat turun. Bisa juga mandi air hangat atau kompress menggunakan handuk untuk redakan demam.



Simak Video "Jokowi: Stok Vaksin Covid-19 Pemerintah untuk Booster Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)