ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Apr 2022 07:40 WIB

Jenis-jenis Gangguan Kandung Kemih, Dialami Ade Armando Usai Dikeroyok

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rektor UI Jenguk Ade Armando. Ade Armando dirawat di rumah sakit. (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta -

Ade Armando juga disebut mengalami gangguan kandung kemih usai insiden pengeroyokan pada 11 April lalu. Saat ini dosen Universitas Indonesia (UI) itu masih dirawat intensif di rumah sakit.

"Kondisi yang dialami Bang Ade masih harus dikontrol, diawasi. Dan tadi saya disampaikan oleh pihak keluarga bahwa Bang Ade masih pendarahan, masih ada masalah dengan kandung kemih, masih ada masalah dengan hidung," ujar perwakilan keluarga Ade Armando, Nong Darol Mahmada, kepada wartawan, Kamis (14/4/2022).

Pihak keluarga tidak menyebutkan secara spesifik masalah kandung kemih yang dialami Ade Armando. Namun secara umum, ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi kandung kemih dan menyebabkan gangguan.

Fungsi kandung kemih dapat menurun akibat bertambahnya usia, masalah kesehatan tertentu, serta sejumlah faktor lainnya.

Beberapa jenis gangguan kandung kemih yang umum yakni:

1. Infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih adalah jenis infeksi saluran kemih (ISK) yang paling umum. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan menyebabkan masalah seperti rasa sakit di perut bagian bawah dan harus buang air kecil lebih sering dari biasanya.

2. Sistitis

Peradangan atau infeksi kandung kemih yang menyebabkan nyeri akut atau kronis, hingga ketidaknyamanan.

3. Inkontinensia urin

Inkontinensia urine yaitu berkurangnya kemampuan kandung kemih untuk menahan kencing. Kondisi ini sering ditemukan pada lansia karena fungsi otot kandung kemih menurun seiring pertambahan usia.

Tingkat keparahannya berkisar dari sesekali buang air kecil saat Anda batuk atau bersin hingga keinginan untuk buang air kecil yang begitu tiba-tiba dan kuat sehingga Anda tidak bisa ke toilet tepat waktu.

4. Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan kandung kemih. Merokok dapat mempengaruhi risiko kanker kandung kemih.

Tanda dan gejala kanker kandung kemih termasuk darah dalam urin dan nyeri saat buang air kecil.

Simak Video 'Ade Armando Alami Pendarahan Kandung Kemih, 7 Tersangka Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT